Maula, Lutfi Iffanul (2023) PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP TINGKAT ADOPSI INOVASI DI SENTRA INDUSTRI BATIK GEBLEK RENTENG KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
1_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
2_BAB 1.pdf - Submitted Version Download (500kB) |
|
Text
3_BAB 2.pdf - Submitted Version Download (372kB) |
|
Text
4_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
6_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (169kB) |
|
Text
7_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
Abstract
Inovasi memiliki peran penting dalam sebuah organisasi. Melalui inovasi sebuah organisasi mampu meningkatkan nilai tambah sehingga menjaga keberlangsungan hidup organisasi. Adopsi inovasi merupakan sebuah proses individu atau organisasi menempuh tahapan-tahapan sejak mengetahui adanya inovasi sampai dengan implementasi ide-ide baru dan pemastian keputusan menerima atau menolak inovasi. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keputusan organisasi untuk melakukan adopsi inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kompetensi manajerial dan orientasi pasar terhadap tingkat adopsi inovasi. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research Populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin batik di sentra industri batik Geblek Renteng Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo.. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari sampel sebanyak 55 pengrajin yang memiliki usaha batik. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung kepada pengrajin. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif berdasarkan olah data tabulasi silang, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, dan regresi berganda. Pengolahan data menggunakan software computer yaitu Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama sama maupun sndiri sendiri kompetensi manajerial dan orientasi pasar pengrajin batik Geblek Renteng Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo berpengaruh positif terhadap tingkat adopsi inovasi. Kompetensi manajerial memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan orientasi pasar. Berdasarkan hasil olah data, maka untuk meningkatkan adopsi inovasi, disarankan untuk meningkatkan kompetensi manajerial melalui upaya pembagian kerja dan pemberian penghargaan pada karyawan. Atas oriensi pasar disarankan pengrajin meningkatkan kepedulian terkait pentingnya membandingkan strategi bisnis yang digunakan oleh pesaing agar pengrajin dapat mengaplikasi hal baik yang dilakukan pesaing. Bagi pemerintah Kulon Progo diperlukan kebijakan untuk peningkatkan kapasitas dan kapabilitas pemilik usaha agar tingkat adopsi merata dintara para pemilik UMKM. Kata Kunci : Adopsi Inovasi, UMKM, Kompetensi Manajerial, Orientasi Pasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:18 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:18 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14327 |
Actions (login required)
View Item |