Search for collections on Undip Repository

RESPONSIBILITAS SUKU DINAS PERTAMANAN DAN HUTAN KOTA DALAM PEMELIHARAAN RUANG TERBUKA HIJAU TAMAN PUBLIK DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

Cantika, Virginia Destanaya Alma (2023) RESPONSIBILITAS SUKU DINAS PERTAMANAN DAN HUTAN KOTA DALAM PEMELIHARAAN RUANG TERBUKA HIJAU TAMAN PUBLIK DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

Ruang Terbuka Hijau taman publik penting disediakan di wilayah kota karena sebagai pusat kesegaran dan kebugaran jasmani untuk sarana olahraga, rekreasi alam, dan mempercantik lingkungan. Karena itu penting untuk memelihara dan menjaga lingkungan taman agar tidak mengalami penurunan kualitas taman dan mempertahankan kualitas lingkungan yang sudah baik. Pemeliharaan pada taman publik Kecamatan Duren Sawit merupakan tanggung jawab Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggung jawab Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota menurut Cooper yang terdiri dari responsibilitas objektif dan subjektif serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat responsibilitas Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dalam pemeliharaan taman publik di Kecamatan Duren Sawit. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsibilitas Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dalam pemeliharaan taman publik masih belum maksimal karena terdapat faktor yaitu kurangnya jumlah pekerja pemelihara taman, kurangnya jumlah dan kualitas peralatan kerja belum cukup memadahi, anggaran biaya untuk melakukan pemeliharaan taman masih kurang tercukupi hal ini disebabkan fasilitas pada beberapa taman masih ada yang rusak karena ulah warga kurang bertangggung jawab namun di lain sisi masih terdapat sebagian kecil warga yang peduli menjaga taman.

Kata kunci: Responsibilitas, Pemeliharaan, Taman publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:53
Last Modified: 04 Aug 2023 08:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item