Search for collections on Undip Repository

KESESUAIAN ANTARA KETEBALAN FORNIKS DAN VOLUME MAMMILLARY BODY DENGAN VOLUME HIPOKAMPUS PADA PASIEN EPILEPSI LOBUS TEMPORAL MESIAL

Marcella, Maria and Imawati, Sukma (2023) KESESUAIAN ANTARA KETEBALAN FORNIKS DAN VOLUME MAMMILLARY BODY DENGAN VOLUME HIPOKAMPUS PADA PASIEN EPILEPSI LOBUS TEMPORAL MESIAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (MARIA MARCELLA-22040919320011-ABSTRAK)
MARIA MARCELLA-22040919320011-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (162kB)

Abstract

Latar Belakang : Epilepsi lobus temporal mesial (ELTM) adalah epilepsi yang paling umum dan mengenai kurang lebih lima juta orang diseluruh dunia. Fokus epileptogenik seringkali terjadi padalobus temporal struktur hipokampus dan terdapat asosiasi erat dengan sirkuit Papez yang melibatkan mammillary body (MB) dan forniks.
Tujuan : Penelitian bertujuan menilai kesesuaian serta nilai batas abnormalitas dari volume hipokampus, ketebalan forniks dan volume MB pada pasien ELTM di RSUP dr Kariadi, Jawa Tengah, Indonesia.
Metode : Penelitian menggunakan metode potong lintang dengan pendekatan retrospektif terhadap 33 subyek penelitian yang diperiksa pada bulan Januari hingga Desember 2022. Seluruh subyek terdiagnosa klinis ELTM yang mendapat layanan pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) dihitung volume hipokampus, ketebalan forniks, dan volume MB kemudian dianalisa korelasinya. Sebagai tambahan, diambil pula data 28 subyek normal.
Hasil : Uji korelasi Pearson positif antara ketebalan forniks dengan volume hipokampus kanan (p < 0,001; r= 0,623) dan kiri (p = 0,001 r= 0,533). Uji korelasi Pearson positif antara volume MB dengan volume hipokampus kanan (p=0,003; r=0,503) dan kiri (p=0,001; r=0,56). Nilai batas volume hipokampus dengan uji Chi-Square = 3,072 cm3. Uji Mann-Whitney pada ketebalan forniks kanan serta uji t tidak berpasangan pada ketebalan forniks kiri dan volume MB pada subyek epilepsi dan normal, tidak didapatkan perbedaan signifikan.
Simpulan : Penelitian ini membuktikan adanya kesesuaian dengan korelasi kuat antara ketebalan forniks dan volume MB dengan volume hipokampus pada pasien ELTM.
Kata Kunci : Ketebalan Forniks, Volume Mamillary Body, Volume Hipokampus, Epilepsi, MRI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketebalan Forniks, Volume Mamillary Body, Volume Hipokampus, Epilepsi, MRI
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:38
Last Modified: 04 Jul 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14314

Actions (login required)

View Item View Item