Search for collections on Undip Repository

PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN KETERLIBATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Karyawan Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang)

Septianingrum, Chaerunisa Laely (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN KETERLIBATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Karyawan Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (781kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (497kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (400kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)

Abstract

Kinerja karyawan memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan, karena kinerja karyawan merupakan sumber daya yang paling menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Perusahaan memerlukan kinerja karyawan yang baik untuk dapat bersaing pada masa sekarang ini dan masa yang akan datang. Salah satu penilaian kinerja karyawan dapat dilihat pada Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang dimana mengalami fluktuatif dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang. Dan diduga faktor yang menyebabkan fluktuasi tersebut adalah motivasi, disiplin kerja, dan keterlibatan kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Keterlibatan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Karyawan Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang. Populasi yang digunakan karyawan pusat Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang dengan sampel 75 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitati dengan tipe penelitian explanatory research. Analisis data menggunakan SPSS (Statistical Program or Social Science for Windows versi 21 dimana dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi sederhana, dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh baik terhadap keterlibatan kerja, motivasi berpengaruh baik terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja berpengaruh positif terhadap keterlibatan kerja, disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja, motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja melalui keterlibatan kerja, dan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja melalui keterlibatan kerja. Motivasi menyumbang 49,725% terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja menyumbang sebesar 54,76% terhadap kinerja karyawan dan keterlibatan kerja 55,20% terhadap kinerja karyawan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Karyawan Perumda Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang disarankan untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, memberikan pujian terhadap karyawan yang baik dalam bekerja dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, memberikan kesempatan karyawan untuk berkreasi srerta berinovasi dalam menyelesaikan pekerjaannya, perusahaan bisa tegas apabila terdapat karyawan yang melanggar peraturan perusahaan khususnya mengenai kehadiran karyawan diperusahaan.

Kata kunci : Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan, Keterlibatan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:16
Last Modified: 07 Aug 2023 01:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14301

Actions (login required)

View Item View Item