Search for collections on Undip Repository

KEMENANGAN GANJAR YANG MENGAGETKAN DI DAERAH SANTRI (Studi tentang Perilaku memilih di Kabupaten Kudus pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018)

Fisa, Novia Risna Dania (2023) KEMENANGAN GANJAR YANG MENGAGETKAN DI DAERAH SANTRI (Studi tentang Perilaku memilih di Kabupaten Kudus pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2018 di Kabupaten Kudus diikuti oleh 2 pasang calon yaitu Ganjar Pranowo (GP) selaku petahana berpasangan dengan Taj Yasin (TY); pasangan Sudirman Said (SS) dengan Ida Fauziyah (IF). GP dan TY disusung oleh PDIP dan PPP, sedangkan SS dan IF diusung oleh PKB, PPP dan PKS. Kemenangan yang diraih oleh pasangan GP dan TY (58,78%) membuat GP “kaget” dan menimbulkan pertanyaan di masyarakat Kudus yang mempunyai notabene daerah santri, mengapa calon yang diusung oleh PKB kalah dan yang menang adalah calon yang diusung PDIP. Apakah kemenangan GP TY karena faktor TY atau terdapat santri yang terafiliasi oleh PKB tetapi lebih memilih pasangan GP dan TY. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap faktor dibalik kemenangan GP-TY dan untuk mengetahui kecenderungan perilaku pemilih masyarakat Kudus dalam Pilgub 2018. Penelitian ini menggunakan teori perilaku pemilih sebagai sumber pedoman untuk menjawab permasalahan yang diangkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu pencarian jawaban dengan menggunakan angket kuesioner dengan metode Multistage Random Sampling atau sampel acak multi tahap dengan mengambil 100 sampel dari 611.486 populasi. Hasil penelitian ini, secara teoritis pemilih Kabupaten Kudus adalah pemilih yang bersifat sosiologis, yaitu preferensi seseorang yang dipengaruhi oleh latar belakang sosial mereka. Karakteristik sosial yang dimaksud dalam hal ini adalah didasarkan pada afiliasi organisasi antar pemilih dan calon, selain itu yang paling menentukan pilihan mereka berdasarkan faktor kekerabatan seperti keluarga, pertemanan, patron (Kyai), dan pemilih sebesar 42% memilih karena figur/citra calon dan ikatan kekerabatan. Kemenangan GP-TY yang didukung oleh pemilih sosiologis ini diperkuat dengan adanya figur kyai kharismatik yaitu KH. Maimoen Zubair (Pengasuh Ponpes Al-Anwar Sarangm Rembang) yang menulis surat intruksi untuk mendukung GP-TY kepada jaringan alumni santri sarang yang disebut HIMMA (Himpunan Mutakharrijin Mutakharrijat Al-Anwar). Sehingga meskipun banyak santri sarang yang terafiliasi dengan PKB tetapi tidak memilih pasangan yang diusung oleh PKB.


Kata Kunci : Pemilihan Gubernur, Perilaku Memilih, Pilihan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:44
Last Modified: 07 Aug 2023 02:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item