Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BADAN USAHA MILIK DESA (Studi BUMDes Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen Tahun 2023)

ARIFIN, RAMA NURUL (2023) PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BADAN USAHA MILIK DESA (Studi BUMDes Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen Tahun 2023). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (335kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (366kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan Good Coporate governance (GCG) pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Usaha Sejahtera Desa Pejengkolan dan apa saja hambatannya. BUMDes adalah badan usaha yang berbadan hukum yang dimiliki oleh masyarakat dan pemerintah desa yang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan menggerakan roda perekonomian masyarakat desa. Penerapan GCG pada BUMDes sangat penting untuk mendukung tata kelola yang baik dan menjaga keberlangsungan usaha. Prinsip-prinsip GCG yang terdiri dari transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kesetaraan menjadi landasan utama dalam menjalankan tata kelola organisasi bisnis yang baik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri dari komisaris, Direktur, sekretaris dan bendahara BUMDes. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada BUMDes Usaha Sejahtera Desa pejengkolan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan GCG pada BUMDes Usaha Sejahtera belum terlaksana sepenuhnya. Berdasarkan hasil analisis data dari kelima prinsip yang dikemukakan oleh Komite Nasional Kebijakan Governance BUMDes Usaha Sejahtera masih lemah dalam hal menjalankan prinsip independensi. Sementara penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsbilitas, dan kesetaraan sudah berjalan dengan baik, walaupun masih sederhana dan perlu perbaikan.
Hal ini dikarenakan BUMDes Usaha Sejahtera masih menjumpai berbagai hambatan dalam penerapan GCG diantaranya: Keterbatasan sumber daya manusia, komitmen anggota, internal audit yang belum berjalan, dan dukungan dari stakeholder. Penelitian berimplikasi pada perbaikan tata kelola BUMDes Usaha Sejahtera melalui perbaikan sistem pengendalian internal organisasi dan sistem recruitment yang jelas.

Kata Kunci : Penerapan Good Corporate Governance; BUMDes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:05
Last Modified: 07 Aug 2023 03:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item