Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-CUSTOMER SECURITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI E-CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Situs Marketplace Bukalapak Di Jawa Tengah)

Muslim, Muhammad Agil (2023) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-CUSTOMER SECURITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI E-CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Situs Marketplace Bukalapak Di Jawa Tengah). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Skripsi_Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
Skripsi_BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (463kB)
[img] Text
Skripsi_BAB II.pdf - Submitted Version

Download (693kB)
[img] Text
Skripsi_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
Skripsi_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
Skripsi_Lampiran-Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Bukalapak merupakan sebuah marketplace dengan konsep berbelanja online shopping mall dan berfokus pada B2C (Business to Consumer) dengan visi untuk meningkatkan kualitas usaha mikro dan kecil yang ada di Indonesia. Sejak tahun 2018 – 2021, Bukalapak telah mengalami penurunan kunjungan sebesar 270 juta pengunjung.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan e-customer security terhadap repurchase intention melalui e-customer satisfaction pada pengguna Bukalapak di Jawa Tengah. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampling non-probability sampling serta metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 pengguna aktif Bukalapak di Jawa Tengah. Data diolah menggunakan software Smart-PLS 4.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel e-service quality (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap e-customer satisfaction (Z), e-customer security (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap e-customer satisfaction (Z), e-customer satisfaction (Z) memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap repurchase intention (Y), e-service quality (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap repurchase intention (Y), e-customer security (X2) tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap repurchase intention, e-service quality (X1) melalui e-customer satisfaction (Z) berpengaruh signifikan dan positif terhadap repurchase intention (Y) dan e-customer security (X2) melalui e-customer satisfaction (Z) berpengaruh signifikan dan positif terhadap repurchase intention (Y).
Adapun saran pada Bukalapak untuk meningkatkan kualitas kepuasan dan kemungkinan konsumen melakukan pembelian ulang adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan keinginan konsumen, meningkatkan jumlah diskon dan variasi produk flashdeal, serta mengurangi kesalahan pada sistem website agar pengalaman berbelanja konsumen dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:22
Last Modified: 07 Aug 2023 04:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14282

Actions (login required)

View Item View Item