Search for collections on Undip Repository

Faktor Risiko Kejadian Trombus Left Atrial Appendage pada Fibrilasi Atrium Valvular (Studi di RSUP dr. Kariadi Semarang)

Hadyan, Najma and Setiawan, Andreas Arie (2023) Faktor Risiko Kejadian Trombus Left Atrial Appendage pada Fibrilasi Atrium Valvular (Studi di RSUP dr. Kariadi Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Najma)
Abstrak Najma.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Kejadian trombus left atrial appendage LAA sangat penting kaitannya dengan risiko stroke dan kematian pada pasien fibrilasi atrium valvular. Faktor risiko kejadian trombus LAA perlu diketahui dalam rangka pencegahan stroke dan kematian akibat trombus LAA tersebut. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan hasil tidak terdapat hubungan bermakna antara faktor risiko dengan kejadian trombus LAA.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan membuktikan hubungan antara faktor risiko dengan kejadian trombus LAA pada FA valvular di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Metode penelitian: Penelitian dengan desain cross-sectional terhadap 149 hasil pemeriksaan ekkokardiografi baik transtorakal maupun transesofageal pasien fibrilasi atrium valvular dengan atau tanpa trombus LAA di RSUP Dr. Kariadi Semarang sejak Januari 2019 sampai dengan Desember 2021. Data usia, jenis kelamin, penyakit komorbid, diameter atrium kiri, LA/LAA SEC, LVEF, penyakit katup selain stenosis mitral/katup prostetik yang menyertai, serta hasil pemeriksaan laboratorium INR dikumpulkan dari rekam medis elektronik rumah sakit dilanjutkan dengan perhitungan persentase nilai TTR. Hubungan antara usia, jenis kelamin, penyakit komorbid, diameter atrium kiri, LA/LAA SEC, LVEF, penyakit katup selain stenosis mitral/katup prostetik yang menyertai dan banyaknya faktor risiko dengan kejadian trombus LAA kemudian dianalisis dengan analisis bivariat chi-square.

Hasil:
Kejadian trombus LAA lebih banyak pada fibrilasi atrium valvular usia <55 tahun, jenis kelamin perempuan, fibrilasi atrium valvular dengan komorbid DM, disfungsi ginjal, fibrilasi atrium valvular dengan diameter atrium ≥50 mm, LVEF ≥40 %, TTR <70 % dan pasien tanpa faktor risiko multipel. Kejadian trombus LAA tidak didapatkan pada pasien dengan dislipidemia, hiperurisemia, LVEF <40%, stenosis aorta dan regurgitasi aorta. Tidak terdapat hubungan antara usia, jenis kelamin, penyakit komorbid, diameter atrium kiri, LA/LAA SEC, LVEF, penyakit katup selain stenosis mitral/katup prostetik yang menyertai dan banyaknya faktor risiko dengan kejadian trombus LAA (P<0.05).

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara usia, jenis kelamin, penyakit komorbid, diameter atrium kiri, LA/LAA SEC, LVEF, penyakit katup selain stenosis mitral/katup prostetik yang menyertai dan banyaknya faktor risiko dengan kejadian trombus LAA.

Kata kunci: fibrilasi atrium valvular, stenosis mitral, katup prostetik, trombus LAA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fibrilasi atrium valvular, stenosis mitral, katup prostetik, trombus LAA
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:16
Last Modified: 15 Jan 2024 07:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item