Iman, Clara Monica (2023) PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUSU BEAR BRAND DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Konsumen Susu Bear Brand di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (441kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (266kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (165kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar yang dihadapi setiap negara di seluruh dunia. Selama puncak gelombang pandemi, masyarakat melakukan panic buying terhadap produk yang dianggap penting untuk menghadapi virus. Salah satu produk yang diyakini masyarakat adalah susu Bear Brand. Data di salah satu toko ritel di Kota Semarang menunjukkan adanya peningkatan penjualan pada tahun 2020-2021, namun mengalami penurunan cukup besar pada tahun 2022. Brand trust dan brand awareness diduga sebagai faktor yang dapat memengaruhi keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk susu Bear Brand di Kota Semarang. Tipe penelitian ini menggunakan explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form di media sosial. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan konsumen susu Bear Brand di Kota Semarang. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana dan berganda, serta uji signifikansi (uji t dan uji F) dengan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS versi 24.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand trust (X1) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y), variabel brand awareness (X2) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian (Y), serta variabel brand trust (X1) dan brand awareness (X2) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian (Y). Saran dalam penelitian ini adalah Bear Brand dapat meningkatkan brand trust dan brand awareness untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian.
Kata Kunci: Brand Trust, Brand Awareness, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:37 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:37 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14265 |
Actions (login required)
View Item |