Search for collections on Undip Repository

PENGUNGKAPAN DIRI SEORANG GAY KEPADA ORANG TUA

Charriari, Penny (2023) PENGUNGKAPAN DIRI SEORANG GAY KEPADA ORANG TUA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf - Submitted Version

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV penny.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)

Abstract

Pengungkapan diri seorang gay kepada orang tua memiliki banyak hambatan dalam proses komunikasi, ini dikarenakan homoseksual gay merupakan penyimpangan sosial yang tidak sesuai dengan agama, adat, norma di Indonesia sehingga menyulitkan posisi lelaki gay untuk melakukan proses tersebut kepada orang tua. Tujuan penelitian ini dilakukan guna mengetahui proses pengungkapan diri seorang gay kepada orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan guna mendapat suatu penjelasan mengenai suatu fenomena dengan detail melalui teknik pengumpulan data, dengan menunjukkan pentingnya kedetailan suatu data yang diteliti. Teori yang mendasari penelitian ini ialah Communication Privacy Management (CPM) yang dikemukakan oleh Petronio. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah indeph interview, dengan informan penelitian 3 lelaki gay yang telah mengungkapkan dirinya kepada orang tua.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan psikologis seperti rasa amarah, sedih, juga kecewa yang akan menghambat bentuk komunikasi yang akan dilakukan terlebih menghambat dan menyulitkan proses pengungkapan diri seorang gay kepada orang tua. Adapun kondisi yang terjadi setelah proses pengungkapan diri terjadi, bagi lelaki gay yang orang tuanya menolak orientasi seksual anaknya cenderung akan merasa tekanan serta menutupi orientasi seksualnya jika sedang bersama keluarga. Bagi lelaki gay yang diterima oleh orang tua, anak cenderung akan menjadi lebih terbuka dan lebih dekat dengan orang tua. Faktor utama yang memicu lelaki memiliki orientasi seksual gay karena intensitas individu dalam menonton film romantis pasangan gay sehingga individu menjadi terbiasa dengan gay dan mulai tumbuh rasa ingin tahu menjadi seorang gay. Kesimpulan dari penelitian ini, terdapat hambatan psikologis yang dirasakan informan saat akan melakukan pengungkapan diri kepada orang tua, ditandai dengan adanya rasa takut berlebih, rasa penolakkan untuk mengidentifikasi bahwa ia seorang gay, namun tetap melakukan pengungkapan diri kepada orang tua.

Kata Kunci: Pengungkapan Diri, Gay, Communication Privacy Management.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:20
Last Modified: 05 Jan 2024 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item View Item