Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS KERJASAMA BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) INDONESIA DAN NDLEA (NATIONAL DRUGS LAW ENFORCEMENT AGENCY) NIGERIA DALAM MENANGGULANGI PERDAGANGAN NARKOBA ASAL NIGERIA DI INDONESIA

SINAGA, RAFTA WINDY (2023) EFEKTIVITAS KERJASAMA BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) INDONESIA DAN NDLEA (NATIONAL DRUGS LAW ENFORCEMENT AGENCY) NIGERIA DALAM MENANGGULANGI PERDAGANGAN NARKOBA ASAL NIGERIA DI INDONESIA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (388kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (306kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (20kB)

Abstract

Masalah perdagangan bebas dan penyalahgunaan narkoba yang berasal dari Nigeria yang masih marak terjadi di Indonesia menjadi latar belakang dari penelitian ini. Masalah yang muncul: Bagaimana efektivitas kerja sama yang dilakukan oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) Indonesia dengan National Drugs Law Enforcement Agency (NDLEA) dalam upaya penanganan terhadap kasus perdagangan bebas dan penyelundupan narkoba dari Nigeria di Indonesia?
Tujuan Penelitian yaitu untuk menggambarkan sejauh mana tingkat keefektifan dari kerja sama yang dibentuk oleh Indonesia dan Nigeria dalam hal penanganan kasus perdagangan bebas dan penyelundupan narkoba yang berasal dari Nigeria di Indonesia yang tertuang dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU).
Upaya untuk menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan teori Liberalisme Institusional sebagai salah satu teori yang menjelaskan bahwa MoU merupakan suatu rezim internasional namun dengan bentuk non-formal. Kemudian penelitian ini juga menggunakan konsep Efektivitas Rezim Internasional oleh Arild Underdal untuk menganalis sejauh manakah efektifitas dari kerja sama yang dijalin oleh kedua negara.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan variabel independen serta dependen diketahui jika skala efektivitas MoU dalam kerja sama antara Indonesia dan Nigeria dalam menangani kasus penyelundupan narkoba dari Nigeria berada pada skala nol karena kedua negara hanya bergabung dalam kesepakatan namun tidak melakukan implementasi dari kesepakatan kerja sama yang telah dibentuk.
Disarankan kepada pemerintah dari kedua negara, pihak keamanan serta badanyang berwenang untuk mengurusi kasus terkait penyelundupan narkoba agar meningkatkan keaktifannya dan mempertegas sikap dan tindakan dalam mengambil keputusan dan penegakan hukum terkait kasus tersebut.
Keywords: Kejahatan transnasional, Penyelundupan Narkoba, Indonesia, Nigeria, Efektivitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:06
Last Modified: 07 Aug 2023 07:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item