Search for collections on Undip Repository

REPRESENTASI WOMEN EMPOWERMENT MELALUI KARAKTER PENARI STRIPTIS PEREMPUAN DALAM FILM HUSTLERS

AISYI, AQILA ALMAS (2023) REPRESENTASI WOMEN EMPOWERMENT MELALUI KARAKTER PENARI STRIPTIS PEREMPUAN DALAM FILM HUSTLERS. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (165kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Women empowerment atau pemberdayaan perempuan adalah proses dimana perempuan yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan untuk membuat pilihan dan keputusan dalam kehidupan, pada akhirnya memperoleh kemampuan tersebut. Film, sebagai media massa yang menayangkan realitas kehidupan, berbagai isu diangkat dalam alurnya, termasuk gender dan feminisme, salah satunya adalah film Hustlers. Film ini menawarkan gagasan alternatif dengan membawa pesan feminisme yakni women empowerment berupa karakter penari striptis perempuan yang pemberani, kuat, serta dapat mengambil keputusan dalam hidup, di tengah paham dominan yakni penari striptis yang dianggap rendah, diabaikan, dan dikucilkan. Penggambaran penari striptis perempuan dalam film menjadi penting dikarenakan cerminan perempuan melalui gaya hidup dan gambaran kehidupan, orang membuat interpretasi makna terhadap suatu hal dengan tanda dan bahasa yang digunakan, melalui realitas dan kerangka pemahaman.
Penelitian dengan judul Representasi Women Empowerment Melalui Karakter Penari Striptis Perempuan dalam Film Hustlers ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggambaran realitas kehidupan penari striptis, ideologi dominan, serta representasi women empowerment melalui karakter penari striptis perempuan yang ditampilkan dalam film Hustlers. Penelitian ini menggunakan representation theory, standpoint theory, dan performance theory, serta menggunakan metode analisis semiotika John Fiske, yang akan menganalisis dalam level realitas, level representasi, dan level ideologi.
Hasil penelitian melalui representasi yang dihasilkan menunjukkan perempuan memiliki kemampuan untuk mengendalikan kehidupan mereka dan membuat keputusan hidup sendiri. Perempuan memiliki strategi untuk memperbaiki situasi ekonomi dengan mengesampingkan stereotip penari striptis, kesediaannya untuk belajar lebih banyak, memperluas keterampilan, dan meningkatkan kesadaran publik tentang kesetaraan perempuan. Aksi perempuan melalui konflik, kegagalan, dan keberhasilan, yang memaparkan cara dan strategi yang dilakukan perempuan sudah berhasil untuk mendobrak pengakuan akan keberadaan ruang privat dan publik serta mempengaruhi pemahaman tentang kehidupan sehari hari mengenai konstruksi gender perempuan.

Keywords : Representasi; Women Empowerment; Perempuan; Penari Striptis; Hustlers

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:19
Last Modified: 07 Aug 2023 07:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item