Search for collections on Undip Repository

REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM LITTLE WOMEN (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA)

Anggraeni, Cornelia Larasati (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM LITTLE WOMEN (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (242kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (307kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (195kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesetaraan gender merupakan isu sosial yang dari masa ke masa perkembangan dan tantangannya dinamis, khususnya bagi perempuan. Tantangan atau bahkan hambatan yang melingkupi isu kesetaraan gender tidak dapat mendiskreditkan perkembangan kesetaraan gender yang sudah mulai bergerak ke arah yang lebih baik. Kesetaraan gender sebagai salah satu bagian dari women rights yang dideklarasikan oleh United Nation Human Rights memiliki satu isu spesifik yang masih dihadapi oleh perempuan hingga saat ini yaitu terkait hak dan kesempatan untuk dapat memilih. Narasi terkait women and choice ini juga dimuat dalam satu bentuk budaya populer yaitu film, khususnya film Little Women adaptasi tahun 2019 karya Greta Gerwig. Penelitian ini menguraikan bagaimana film Little Women merepresentasikan perempuan dalam mengambil keputusan untuk memilih dengan mengimplementasikan teori semiotika John Fiske untuk menganalisis simbolisasi dari women and choice melalui level realitas, level representasi dan level ideologi.
Women and choice dalam film Little Women ditemukan dalam empat kategori yaitu pilihan terkait ide kreatif, pilihan atas pernikahan, pilihan atas karir, serta cara berpikir perempuan dalam mengambil keputusan. Melalui kategori terkait ide kreatif, film ini menggambarkan perempuan harus mengikuti ideologi dominan dari industri kreatif sebelum akhirnya memiliki kesempatan untuk menegosiasikan keinginannya. Ideologi dominan yang muncul pada pilihan terkait kreatif adalah konsepsi kapitalisme dan patriarki. Melalui kategori atas pernikahan, film ini membatasi perempuan bahwa ia digambarkan harus menempuh jalur pernikahan dan bahwa pernikahan hanya terbatas atas dua kondisi. Kondisi tersebut memunculkan ideologi dominan materialisme dan patriarki. Melalui kategori atas karir, film ini meniadakan gagasan terkait independensi ekonomi bagi perempuan. Melalui kategori cara berpikir perempuan, film ini memuat ide dan gagasan feminisme eksistensialis yang menekankan kemandirian dan independensi perempuan. Film Little Women menawarkan suatu bentuk perjuangan perempuan untuk mengambil keputusan atas pilihan tertentu. Namun sebenarnya pilihan yang diambil oleh perempuan tidaklah merupakan suatu kehendak bebas, tetapi merupakan bentuk pengkondisian yang dilakukan masyarakat kepada perempuan.

Kata Kunci: Women and Choice, ¬Representasi, Film Little Women, Semiotika John Fiske

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:03
Last Modified: 07 Aug 2023 08:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14246

Actions (login required)

View Item View Item