Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-COMMERCE SHOPEE

Renggowati, Wyanet Jolieane (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-COMMERCE SHOPEE. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (251kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (145kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perdagangan saat ini dapat dilakukan secara onlinemelalui ¬e-commerce. Saat ini sudah banyak perusahaan e-commerce yang menjalankan bisnisnya di Indonesia dan salah satu yang terbesar, yaituShopee. Shopee Indonesia mengalami penurunan jumlah pengunjung dan tergeser oleh kompetitor e-commerce lainnya, karena adanya ulasan bernilai negatif dan keluhan dari pengguna mengenai penggunaan aplikasi e-commerce Shopee.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOMdan kemudahan penggunaan aplikasi Shopee terhadap keputusan penggunaan e-commerce Shopee. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang merupakan pengguna Shopee. Penelitian ini menggunakan statistik dengan bantuan IBM SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukan bahwa E-WOMberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Secara simultan E-WOM dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Semakin baik E-WOM dan kemudahan penggunaan maka semakin tinggi keputusan penggunaan e-commerce Shopee. Saran dalam penelitian ini adalah agar Shopee dapat menyelesaikan keluhan yang disampaikan oleh penggunanya melalui media online dengan tanggap, Shopee juga dapat dapat melakukan pembaruan fitur yang diimbangi dengan dibuatnya prosedur penggunaan aplikasi, sehingga akan semakin dapat mempermudah penggunanya dalam menggunakan aplikasi e-commerce Shopee.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth (E-WOM), Kemudahan Penggunaan, Keputusan Penggunaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:14
Last Modified: 07 Aug 2023 08:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14240

Actions (login required)

View Item View Item