Search for collections on Undip Repository

UJI INHIBISI α-AMILASE EKSTRAK DAN FRAKSI DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L.) SECARA IN VITRO

Michele, Michele and Rukmi, MG Isworo and Wulandari, Fitri (2023) UJI INHIBISI α-AMILASE EKSTRAK DAN FRAKSI DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L.) SECARA IN VITRO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak lepas_Michele)
Abstrak lepas_Michele.pdf

Download (130kB)

Abstract

Latar Belakang : Penghambatan enzim ɑ-Amilase merupakan salah satu mekanisme umum dalam terapi antidiabetes. Ekstrak daun sirih hijau (Piper betle. L.) yang mengandung berbagai metabolit sekunder dipercaya mampu menjadi alternatif pengobatannya. Senyawa fenol adalah golongan senyawa dalam daun sirih hijau yang dapat menginhibisi enzim ɑ-Amilase. Fraksinasi mampu mengelompokan golongan senyawa berdasarkan kelarutannya dalam pelarut dengan tingkat kepolaran yang berbeda. Maka perlu dikaji fraksi teraktif dari ekstrak etanol daun sirih hijau dalam menginhibisi enzim ɑ-Amilase dan dapat diketahui golongan senyawa yang berperan di dalamnya.
Tujuan : Mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam fraksi dari ekstrak etanol daun sirih hijau, mengetahui adanya aktivitas inhibisi enzim α-Amilase menggunakan fraksi dari ekstrak etanol daun sirih hijau, dan mengetahui fraksi teraktif dari ekstrak etanol daun sirih hijau dengan aktivitas inhibisi enzim α-Amilase tertinggi.
Metode : Penelitian dimulai dengan preparasi sampel, karakterisasi sampel, karakterisasi simplisia, penapisan fitokimia dengan uji tabung, pembuatan ekstrak etanol dengan metode sokletasi, fraksinasi, penapisan fitokimia dengan KLT, uji aktivitas inhibisi enzim α-Amilase, dan penetapan kadar total fenol. Data dianalisis dengan One Way ANOVA.
Hasil : Aktivitas inhibisi enzim ɑ-amilase yang dihasilkan berbeda pada ekstrak dan fraksi daun sirih hijau. Fraksi etil asetat memiliki daya inhibisi enzim ɑ-amilase tertinggi (75%) serta kadar total fenol tertinggi (244 mg GAE/gr).
Kesimpulan : Ekstrak dan fraksi daun sirih hijau memiliki potensi dalam menghambat enzim ɑ-amilase namun tidak melebihi kontrol positif (akarbosa) pada konsentrasi yang sama. Aktivitas inhibisi ɑ-amilase berhubungan dengan kadar total fenol yang dimiliki tiap sampel.

Kata Kunci : alfa amilase, diabetes melitus, ekstrak daun sirih hijau, fraksinasi, sokletasi, total fenol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : alfa amilase, diabetes melitus, ekstrak daun sirih hijau, fraksinasi, sokletasi, total fenol
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:09
Last Modified: 03 Jul 2023 02:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item