Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KETERAMPILAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Natura Esensi Indonesia Kabupaten Batang)

Pamungkas, Khoerotsa Wisnu (2023) PENGARUH KETERAMPILAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Natura Esensi Indonesia Kabupaten Batang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

Perusahaan berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan dengan melihat sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif guna mencapai tingkat produktivitas kerja. Produktivitas kerja dikatakan tinggi dapat dipengaruhi oleh keterampilan kerja dan lingkungan kerja. PT Natura Esensi Indonesia Kabupaten Batang merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai olahan hasil pertanian yang memerlukan keahlian dalam medapatkan kualitas produk yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara keterampilan kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi PT Natura Esensi Indonesia Kabupaten Batang. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan prosedur sampling jenuh atau diambil seluruh anggota populasi sebagai sampel yaitu 35 responden yang merupakan karyawan bagian produksi PT Natura Esensi Indonesia Kabupaten Batang. Metode analisis data penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan baik secara parsial ataupun simultan. Hal tersebut dibuktikan bahwa dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan yaitu dengan memberikan pelatihan yang dapat mampu menguasai pekerjaan yang diberikan perusahaan. Selain itu, dengan memberikan fasilitas kerja yang baik berupa sarana dan prasarana sehingga karyawan dapat bekerja dengan rasa aman dan nyaman. Saran yang diberikan terhadap PT Natura Esensi Indonesia Kabupaten Batang pada aspek keterampilan kerja perlu dilakukan pelatihan yang terjadwalkan sehingga karyawan dapat mengoperasikan peralatan produksi lebih dari satu. Aspek lingkungan kerja perlu melakukan bonding guna saling mengenal antar rekan kerja dan dapat bekerja sama lebih baik kedepannya. Hal tersebut perlu ditingkatkan sehingga dapat mencapai produktivitas kerja karyawan.

Kata Kunci: Keterampilan Kerja, Lingkungan Kerja, Produktivitas Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:17
Last Modified: 07 Aug 2023 08:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14145

Actions (login required)

View Item View Item