Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA PRODUK SOMETHINC (Studi Pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang)

Aulia, Raisya Rahma (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA PRODUK SOMETHINC (Studi Pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Industri kecantikan di Indonesia berkembang dengan sangat pesat, karena saat ini industri kecantikan sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Somethinc adalah salah satu produk kecantikan asal Indonesia yang memproduksi skin care dan make up dan berhasil menjadi salah satu perusahaan kosmetik lokal yang berkembang pesat dan dapat menguasai pasar. Hal tersebut dikarenakan Somethinc melakukan promosi melalui media sosial untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelian. Sehingga dengan melihat permasalahan yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eWOM dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada produk Somethinc. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan seluruh konsumen Somethinc di Kota Semarang dengan sampel berjumlah 100 responden menggunakan teknik pengambilan sample nonprobability sampling dan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan SmartPLS 3.2.9 dimana dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, R-Square, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada eWOM maupun brand image terhadap minat beli dan keputusan pembelian, serta pengaruh positif dan signifikan minat beli terhadap keputusan pembelian. Dalam indirect effect, minat beli dapat memediasi secara parsial pengaruh eWOM dan brand image terhadap keputusan pembelian. Saran dalam penelitian ini adalah Somethinc dapat memberikan kemudahan akses dalam memberikan review terhadap pengalaman pembelian produk melalui media sosial dan meningkatkan kualitas produknya.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:34
Last Modified: 08 Aug 2023 01:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item