MAULIDA, MARIA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI HYPERMART SEMARANG (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Mall Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (946kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (855kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (444kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (379kB) |
Abstract
Persaingan bisnis ritel terus berjalan semakin ketat. Para pelaku bisnis ritel harus mampu meningkatkan minat beli ulang konsumen agar perusahaan tetap bisa bersaing pada pasar. Hypermart merupakan salah satu gerai hipermarket yang memiliki nilai peningkatan TBI yang kurang maksimal dibandingkan dengan kompetitor sejenisnya, yang mana menandakan kekuatan Hypermart dalam mindshare, marketshare, dan commitment share kurang baik. Hypermart Paragon Mall Semarang juga menunjukkan kecenderungan penurunan penjualan pada setiap tahunnya. Beberapa faktor yang diduga memberikan pengaruh terhadap minat beli ulang konsumen seperti kualitas pelayanan dan kualitas produk.
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli ulang di Hypermart Paragon Mall Semarang. Tipe penelitian ini menggunakan explanatory research dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 yang merupakan konsumen Hypermart Paragon Mall Semarang. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana dan berganda, serta uji signifikansi meliputi uji T dan uji F dengan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh terhadap minat beli ulang(Y) dan signifikan, variabel kualitas produk (X2) berpengaruh terhadap minat beli ulang (Y) dan signifikan, serta kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh terhadap minat beli ulang (Y) dan signifikan. Saran pada penelitian ini yaitu Hypermart Paragon Mall Semarang dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk agar dapat meningkatkan minat beli ulang.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 07:35 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:35 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14122 |
Actions (login required)
View Item |