Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GREEN PROMOTION DAN GREEN PACKAGING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MILO ACTIV-GO UHT (Studi pada Konsumen di Kota Semarang)

Amalia, Andrea Putri (2023) PENGARUH GREEN PROMOTION DAN GREEN PACKAGING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MILO ACTIV-GO UHT (Studi pada Konsumen di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (142kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya permintaan akan susu cair dalam kemasan menjadikan produsen terus berinovasi dalam menciptakan produk dengan berbagai macam varian rasa yang diminati konsumen. Hal tersebut tidak sejalan dengan adanya tren penurunan pendapatan penjualan produk MILO Activ-Go UHT di Kota Semarang selama tahun 2018 hingga 2021. Diperlukan strategi untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen salah satunya adalah dengan mengangkat isu atau permasalahan lingkungan pada produk. Diduga keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh green promotion dan green packaging untuk menciptakan keunggulan produk MILO Activ-Go UHT yang hanya memiliki satu varian rasa.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keputusan pembelian produk MILO Activ-Go UHT di Kota Semarang yang dipengaruhi oleh green promotion dan green packaging. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100 orang responden yang pernah mengkonsumsi produk MILO Activ-Go UHT dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel green promotion (X1) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, variabel green packaging (X2) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, serta variabel green promotion (X1) dan green packaging (X2) secara bersama-sama dapat memberi pengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y).
Demi keberlanjutan dan peningkatan keputusan pembelian, diperlukan evaluasi strategi penyampaian informasi produk dengan memberikan pelatihan pada salesperson agar lebih tanggap dalam menyampaikan informasi seputar produk ramah lingkungan. Perusahaan juga dapat menjalin mitra bisnis untuk menciptakan wadah penampungan sampah minuman karton bagi produk MILO Activ-Go UHT maupun merek susu cair kemasan karton lainnya yang beredar di pasaran.

Kata kunci: green promotion, green packaging, keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:01
Last Modified: 08 Aug 2023 02:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item