Search for collections on Undip Repository

OPTIMASI CMC-NA DAN PROPILEN GLIKOL DALAM FORMULA GEL EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) SEBAGAI TERAPI PENYEMBUHAN LUKA PADA TIKUS MODEL DIABETES

Putri, Diva Ramadhani Sagita and Ekawati, Nuraini and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) OPTIMASI CMC-NA DAN PROPILEN GLIKOL DALAM FORMULA GEL EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) SEBAGAI TERAPI PENYEMBUHAN LUKA PADA TIKUS MODEL DIABETES. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_KTI .pdf

Download (185kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai tingginya kadar gula darah dapat menimbulkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah ulkus diabetik jika luka tidak diberi perawatan dengan baik. Daun kersen (Muntingia calabura L.) mengandung senyawa flavonoid, saponin dan tanin yang memilik efek sebagai penyembuhan luka dan akan diformulasi dalam bentuk sediaan gel.
Tujuan: Mengetahui konsentrasi CMC-Na dan propilen glikol pada pada formula optimum gel ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) dan mengetahui efek penyembuhan luka formula optimum gel ekstrak daun kersen terhadap tikus model diabetes.
Metode: Ekstrak daun kersen dibuat dengan metode maserasi etanol 70%. Optimasi formula gel menggunakan software trial Design Expert metode Simplex Lattice Design dengan konsentrasi CMC-Na sebesar 1-3% dan propilen glikol sebesar 10-12%. Pengamatan penyembuhaan luka menggunakan skor makroskopis nagaoka dan persentase penyembuhan luka.
Hasil: Kombinasi CMC-Na dan propilen glikol berpengaruh terhadap respon pH, daya sebar dan daya lekat. Data skor makorskopis nagaoka didapatkan hasil berbeda tidak signifikan (P=0,776) pada semua kelompok. Data persentase penyembuhan luka sayat didapatkan hasil yang berbeda tidak signifikan (P>0,05) antara kelompok kontrol positif dengan formula optimum gel ekstrak daun kersen.
Kesimpulan : Formula Optimum gel ekstrak daun kersen dengan konsentrasi CMC-Na 2,1% dan propilen glikol 10,9% yang telah memenuhi sifat fisik sedian gel yang baik. Hasil efek penyembuhan luka pada tikus model diabetes dengan hasil skor makrosopis nagaoka tidak ada perbedaan pada setiap kelompok dan hasil persentase tidak ada perbedaan antara formula optimum gel ekstrak daun kersen dengan kontrol positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gel, Daun Kersen, Diabetes, Simplex Lattice Design
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:58
Last Modified: 03 Jul 2023 01:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item