ANWAR, ALLAAM TSAQIF (2023) PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (STUDI PADA KAWASAN WISATA BUDAYA CANDI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Awal Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (901kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (477kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Tbk merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada pengelolaan termasuk kegiatan teknis, pemeliharaan, pengawasan, dan optimalisasi sumber daya pada lingkungan Candi Borobudur, Candi Prambanan & Ratu Boko . Kawasan wisata Candi Borobudur yang termasuk dalam Warisan dunia ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) oleh Pemerintah Negara Indonesia melakukan pemeliharaan, peningkatan, dan pembaharuan pada daya tarik wisata dan membicarakan Kawasan wisata dengan tujuan agar dapat meningkatkan wisatawan untuk melakukan Kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Daya tarik wisata dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung pada Kawasan wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Jumlah Sampel adalah 97 responden wisatawan domestic yang berkunjung 1 tahun terakhir atau sedang berkunjung, berusia minimal 17 tahun, mendapatkan informasi melalui media sosial atau internet dan bersedia untuk mengisi kuesioner penelitian pada Kawasan Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian menggunakan Teknik analisis data dengan metode kualitatif dan kuantitatif melalui proses SPSS (Statistical Program for Social Science) pada windows version 26.0. Berdasarkan hasil analisis olah data dengan SPSS menjelaskan bahwa Daya tarik wisata dan Electronic word of Mouth secara parsial memiliki pengaruh Positif Signifikan terhadap Keputusan Berkunjung . Variabel Daya tarik wisata dan Electronic word of Mouth memiliki pengaruh simultan dan signifikan terhadap variabel Keputusan Berkunjung, dimana variabel Electronic word of Mouth memiliki pengaruh paling besar. Rekomendasi yang disarankan untuk pihak PT Taman Wisata Candi Borobudur untuk dapat mengelola Daya tarik wisata selain wisata utama seperti Safari Gajah, Kereta Mini, Museum Karmawibangga, Museum Kapal Samudraraksa, kantin dan toko souvenir, tempat beristirahat pada Kawasan wisata candi Borobudur serta media promosi informatif mengenai rekomendasi menyeluruh dan tarif pada tempat wisata.
Kata Kunci : Daya Tarik Wisata, Electronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:30 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14091 |
Actions (login required)
View Item |