Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI RUMAH SAKIT SEBELUM DAN SETELAH COVID-19 (Studi Kasus RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SOLO)

NUGRAHA, FERRY SATRYA ADI (2023) EVALUASI PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI RUMAH SAKIT SEBELUM DAN SETELAH COVID-19 (Studi Kasus RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SOLO). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FERRY.pdf - Published Version

Download (253kB)

Abstract

RSUD Dr. Moewardi merupakan salah satu rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah daerah Surakarta untuk memberikan pelayanan dan penanganan terkait pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan limbah padat B3 rumah sakit mulai dari tahap reduksi dan sortasi, tahap penyimpanan, dan tahap pengangkutan di bawah Peraturan Menteri. Jenis penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan data primer dan sekunder data diperoleh dengan cara di wawancara mendalam LH No 56 Tahun 2015 tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, informan terpilih untuk melengkapi observasi data Hasil penelitian ini memiliki jumlah sampah sebelum th e pandemi rata-rata per hari adalah 663.086 Kg, dan setelah pandemi rata-rata sampah per hari adalah 736,45 Kg, terlihat ada peningkatan jumlah sampah sebesar 11,1%. Temuan manajemen, seperti pertimbangan sendiri dalam menempatkan sampah yang sesuai dengan label, dan kelalaian petugas dalam penggunaan alat pelindung diri di tahap penyimpanan dan pengangkutan insinerator.

Kata kunci : Evaluasi, Rumah Sakit, Covid19, Pengelolaan Sampah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:21
Last Modified: 27 Jun 2023 03:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14082

Actions (login required)

View Item View Item