Search for collections on Undip Repository

Analisis Kepuasan Pelanggan Kaitannya dengan Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan di Raja Bunga Anggrek Nursery Bandungan, Kabupaten Semarang

Ratri, Windi Ayu Eka and Budiraharjo, Kustopo and Mukson, Mukson (2023) Analisis Kepuasan Pelanggan Kaitannya dengan Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan di Raja Bunga Anggrek Nursery Bandungan, Kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Windi Ayu_Skripsi final scan-1-13.pdf

Download (866kB)
[img] Text
Windi Ayu_Skripsi final scan-14-18.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Windi Ayu_Skripsi final scan-19-25.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
Windi Ayu_Skripsi final scan-26-43.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
Windi Ayu_Skripsi final scan-44-67.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
Windi Ayu_Skripsi final scan-68-69.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
Windi Ayu_Skripsi final scan-70-117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minat masyarakat terhadap tanaman hias menjadikan potensi untuk pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya. Pelaku usaha memerlukan kunci pertahanan untuk melawan persaingan usaha yang kian marak yaitu berupa kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan bisa diketahui dengan
emahami apa yang diinginkan oleh pelanggan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan, menganalisis kinerja atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan menganalisis faktor kepuasan pelanggan. Lokasi
penelitian di Raja Bunga Anggrek Bandungan, Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengambilan sampel dengan non-probability sampling menggunakan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI),
Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis regresi linear berganda. Penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelanggan di Raja Bunga Anggrek mayoritas berusia 41-50 tahun. Mayoritas pernah membeli sebanyak dua sampai lima kali. Pelanggan Raja Bunga Anggrek memiliki rata-rata penghasilan antara >Rp2.000.000-Rp4.000.000 per bulan dengan pengeluaran setiap kali membeli antara Rp150.000- Rp500.000. Jenis bunga Anggrek yang sering dibeli yaitu jenis Vanda. Alasan utama pelanggan membeli bunga anggrek di Raja Bunga Anggrek karena harga yang terjangkau menurut pandangan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pelanggan Raja Bunga Anggrek tergolong sangat puas pada nilai 80,41. Adapun kinerja atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dibagi menjadi empat kuadran dimana kuadran I terdapat sebanyak satu atribut, kuadran II sebanyak 10 atribut, kuadran III sebanyak tiga atribut dan kuadran IV sebanyak satu atribut. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan harga kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: harga; kepuasan; pelayanan; produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: harga; kepuasan; pelayanan; produk
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:22
Last Modified: 05 Jan 2024 03:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item