Search for collections on Undip Repository

Kualitas Penggunaan Antibiotik pada Pasien Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Puskesmas Kalinyamatan Kabupaten Jepara

Laily, Nila Syafaatul and Hardian, Hardian and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) Kualitas Penggunaan Antibiotik pada Pasien Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Puskesmas Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
Abstrak_Nila Syafaatul Laily_eprints.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: ISPA merupakan infeksi yang menyerang saluran penapasan atas maupun bawah, dimana masih menjadi penyakit dengan kunjungan pasien yang banyak di Puskesmas. ISPA yang disebabkan oleh bakteri perlu diberikan antibiotik. Namun, penggunaan antibiotik yang tidak berkualitas dapat menyebabkan resistensi antibiotik.
Tujuan: Mengetahui kualitas penggunaan antibiotik menggunakan kategori Gyssens dan mengetahui gambaran potensi terjadinya interaksi obat pada pasien ISPA dewasa rawat jalan di Puskesmas Kalinyamatan Kabupaten Jepara.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif. Pengumpulan data dari rekam medis pasien ISPA dewasa rawat jalan di Puskesmas Kalinyamatan Kabupaten Jepara periode Januari-Desember 2020 secara retrospektif. Cara sampling menggunakan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan kategori Gyssens.
Hasil: Hasil penilaian kualitas penggunaan antibiotik menggunakan kategori Gyssens pada 93 pasien menunjukkan terdapat 84 kategori IIIA, 1 kategori IVA , 2 kategori IVB, dan 7 kategori 0. Sedangkan hasil evaluasi potensi interaksi antibiotik dengan obat lain terdapat 2,15% interaksi.
Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan penggunaan antibiotik yang berkualitas (kategori 0) sebanyak 7,53% dan yang tidak berkualitas (kategori I-VI) sebanyak 92,47%. Sedangkan hasil evaluasi potensi interaksi antibiotik dengan obat lain terdapat 2,15% interaksi.

Kata kunci: ISPA, kategori Gyssens, antibiotik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ISPA, kategori Gyssens, antibiotik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:16
Last Modified: 15 Jan 2024 07:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item