Search for collections on Undip Repository

KANDUNGAN NITRAT (NO3) PADA AIR SUMUR GALI PADA KAWASAN PERTANIAN DESA PULUTAN KULON KECAMATAN WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI

SAPUTRI, ANGGARANI GITTY (2023) KANDUNGAN NITRAT (NO3) PADA AIR SUMUR GALI PADA KAWASAN PERTANIAN DESA PULUTAN KULON KECAMATAN WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANGGARANI.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Desa Pulutan Kulon mayoritas luas wilayahnya berupa lahan pertanian. Salah satu dampak negatif yang dihasilkan dari kegiatan pertanian tersebut yaitu pencemaran nitrat. Nitrat dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia, salah satunya yaitu methaemoglobinemia pada bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kandungan nitrat air sumur gali di Kawasan pertanian Desa Pulutan Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah 149 sumur gali dengan total sampel sebanyak 35 sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengujian sampel dilakukan di UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri dengan metode spektrofotometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 22 (62,86%) dari 35 sampel air sumur yang diteliti memiliki kandungan nitrat dalam jumlah yang sangat sedikit yaitu dengan nilai <1,0 mg/l dan sebanyak 13 (37,14%) sampel lainnya memiliki kandungan nitrat dalam rentang 1,0-6,9 mg/l. Dapat disimpulkan bahwa tidak ditemukannya kandungan nitrat yang melebihi baku mutu sesuai Permenkes nomor 32 Tahun 2017 pada air sumur gali di Kawasan Pertanian Desa Pulutan Kulon Kabupaten Wonogiri.
Kata kunci : Nitrat, konstruksi sumur gali, pemupukan, air sumur gali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:39
Last Modified: 26 Jun 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item