Search for collections on Undip Repository

Uji Aktivitas Antibakteri Fraksi Daun Kersen (Muntingia calabura L.) terhadap Bakteri Escherichia coli

Pinasthika, Dheya Rafina and Utami, Widyaningrum and Anam, Khairul (2023) Uji Aktivitas Antibakteri Fraksi Daun Kersen (Muntingia calabura L.) terhadap Bakteri Escherichia coli. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (124kB)

Abstract

Daun kersen (M.calabura L.) memiliki metabolit sekunder yang diduga berfungsi sebagai antibakteri. Pada penelitian sebelumnya dilaporkan bahwa ekstrak dan fraksi daun kersen memiliki aktivitas antibakteri terhadap S.aureus, namun aktivitasnya terhadap E. coli belum banyak dilaporkan. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui aktivitas antibakteri fraksi dari daun kersen (M.calabura L.) terhadap E. coli.
Penelitian eksperimental diawali dengan maserasi serbuk simplisia, fraksinasi secara ekstraksi cair-cair dengan n-heksana, etil asetat dan etanol serta uji kandungan kimia fraksi secara KLT. Aktivitas antibakteri dilakukan secara difusi cakram serta penentuan kesetaraannya dengan antibiotik pembanding dan konsentrasi hambat minimum dilakukan secara dilusi.
Rendemen yang didapat pada ekstrak etanol 96% yakni 31%, fraksi n-heksana dan etil asetat sebesar 2,7%, dan fraksi etanol sebesar 19,09%. Pada fraksi tersebut didapati adanya senyawa flavonoid, tanin, saponin, dan triterpenoid. Fraksi n-heksana, etil asetat dan etanol daun kersen memperlihatkan kesetaraan antibakteri terhadap tetrasiklin pada konsentrasi 1 µg/mL secara berurutan adalah 0,0099 µg/mL, 0,0141 µg/mL, dan 0,0114 µg/mL serta memperlihatkan adanya KHM terhadap bakteri E. coli secara berurutan pada konsentrasi 62,5 µg/mL, 23,44 µg/mL dan 31,25 µg/mL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fraksi daun kersen memperlihatkan adanya aktivitas antibakteri terhadap bakteri E. coli, namun tidak terdapat perbedaan bermakna antar fraksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antibakteri, daun kersen, Escherichia coli, Muntingia calabura
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2023 05:48
Last Modified: 26 Jun 2023 05:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item