Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN RUMAH DAN PERILAKU INDIVIDU DENGAN KEJADIAN DBD DI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR

RACHMAPUTRI, MAYA (2023) HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN RUMAH DAN PERILAKU INDIVIDU DENGAN KEJADIAN DBD DI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MAYA RACHMA.pdf - Published Version

Download (431kB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit berbasis lingkungan yang dapat menular. Kondisi lingkungan serta perilaku manusia yang kurang baik dapat berpotensi untuk memengaruhi terjadinya DBD. Kecamatan Karanganyar merupakan daerah di Kabupaten Karanganyar dengan angka kejadian DBD paling tinggi pada 2019 sebanyak 155 kasus, Dan pada bulan Januari – Mei 2022 sudah terdapat 137 kasus, serta berdasarkan Penyelidikan Epidemiologi Puskesmas Karanganyar ditemukan Angka Bebas Jentik yang masih dibawah standar normal (≤ 95%). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor lingkungan rumah dan perilaku individu dengan kejadian DBD. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, menggunakan studi cross sectional, dengan jumlah sampel 66 responden. Alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui mobilitas, pengetahuan, sikap dan praktik individu. Serta lembar observasi untuk mencatat suhu, kelembaban, keberadaan genangan air serta tanaman di rumah. Penelitian ini menggunakan analisis univariat untuk menampilkan distribusi frekuensi variabel serta analisis bivariat dengan uji chi square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Pada penelitian ini terdapat 11 (16,7%) responden mengalami DBD dan 55 (83,3%) tidak mengalami DBD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keberadaan tanaman (p=0,001), pengetahuan (p=0,015), sikap (p=0,048) praktik (p=0,020) dengan kejadian DBD. Serta tidak terdapat hubungan antara suhu rumah (p=1,000), kelembaban rumah (p=0,440), keberadaan genangan air (p=0,182) mobilitas (p=0,703) dengan kejadian DBD. Sehingga kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara keberadaan tanaman, pengetahuan individu, sikap individu dan praktik individu dengan kejadian DBD. Serta tidak terdapat hubungan antara suhu rumah, kelembaban rumah, keberadaan genangan air dan mobilitas individu dengan kejadian DBD di Kecamatan Karanganyar.

Kata Kunci : demam berdarah dengue, faktor lingkungan, faktor perilaku, Karanganyar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jun 2023 00:42
Last Modified: 26 Jun 2023 00:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item