Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN RESISTENSI AMPSILIN SULBACTAM DAN MEROPENEM TERHADAP MORTALITAS DAN LENGTH OF STAY (LOS) DI ICU RSUP DR. KARIADI SEMARANG

ARYO HUDOYO, RADEN ERNANDY and Arifin, Johan and Nugroho, Taufik Eko (2023) GAMBARAN RESISTENSI AMPSILIN SULBACTAM DAN MEROPENEM TERHADAP MORTALITAS DAN LENGTH OF STAY (LOS) DI ICU RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK Tesis EAH_230623.pdf

Download (73kB)

Abstract

Latar belakang: Pemilihan terapi antimikroba yang tepat untuk pasien kritis menjadi tantangan dalam perawatan intensif. Penggunaan antibiotik spektrum luas telah menjadi bagian dari strategi penatalaksanaan infeksi, namun berpotensi meningkatkan risiko resistensi. Terapi de-escalation antibiotik bertujuan untuk mengurangi paparan terhadap antibiotik spektrum luas dan kejadian resistensi. Penelitian ini bertujuan untuk hendak menganalisis perbandingan tingkat resistensi penggunaan antibiotik spektrum luas ampicillin sulbactam dan meropenem di ICU RSUP dr. Kariadi.
Metode: Penelitian observasional cross-sectional dilakukan terhadap pasien sepsis yang menerima antibiotik ampicillin sulbactam dan meropenem di ICU RSUP Dr. Kariadi selama Juli-Desember 2022. Sampel penelitian sebanyak 149 subyek didapatkan dengan non-random purposive sampling. Data mengenai hasil kultur, tingkat resistensi antibiotik, durasi rawat inap (LOS), dan angka mortalitas didapatkan dari rekam medis pasien.
Hasil: Tingkat resistensi ampisilin sulbactam dan meropenem pada pasien ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang adalah 75,2% dan 26,2%, secara berurutan. Terdapat perbedaan yang signifikan antara status resistensi antibiotic meropenem dengan LOS pasien (p=0,002). Tidak ada perbedaan yang signifikan antara status resistensi ampicillin sulbactam dengan LOS pasien (p=0,105). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan ampicillin-sulbactam dan meropenem terhadap tingkat mortalitas (p = 0.893 & p = 0.055).
Kesimpulan: Tingkat resistensi meropenem lebih rendah dibandingkan ampisilin-sulbaktam di ICU RSUP Dr. Kariadi, Semarang. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada LOS dan tingkat mortalitas pasien resisten ampicillin-sulbactam, namun terdapat perbedaan signifikan LOS pasien dengan status resisten meropenem, tapi tidak dengan tingkat mortalitasnya.
Kata Kunci: ampicillin sulbactam, meropenem, sepsis, ICU, resistensi antibiotik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ampicillin sulbactam, meropenem, sepsis, ICU, resistensi antibiotik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:14
Last Modified: 26 Jun 2023 04:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item