Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dewi, Tyas Sinta and Febriyanti, Dinni Asih (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Tyas Sinta Dewi_Psikologi_15010116120061_Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional adalah derajat kemampuan seseorang untuk mengenali, mengendalikan dan mengelola emosi yang dirasakan oleh diri sendiri serta mampu memahami dan menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Self-directed learning readiness merupakan tingkat kemampuan individu dalam melakukan proses belajar secara mandiri dimulai dari menyusun, mengelola dan mengevaluasi rencana sampai dengan tercapainya tujuan dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapat bukti empiris terkait hubungan antara kecerdasan emosional dengan self directed learning readiness pada mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa fakultas psikologi Universitas Diponegoro yanag menempuh kurikulum merdeka. Populasi terdiri dari angkatan 2020 yang berjumlah 362 mahasiswa, angkatan 2021 yang berjumlah 355, dan terakhir angkatan 2022 353 mahasiswa. Total keseluruhan popuasi sebanyak 1070 mahasiswa. Sampel penelitian yang terpilih melalui Proportionate Stratified Random Sampling berjumlah 300 mahasiswa. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional (31 aitem, α = 0,889) dan skala self directed learning readiness (39 aitem, α = 0,926). Pengolahan data melalui aplikasi SPSS dengan uji analisis spearman rank menunjukkan hasil rxy = 0,627 , p = 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self directed learning readiness. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki maka semakin tinggi pula self directed learning readiness pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Diponegoro.
Kata kunci: kecerdasan emosional; self directed learning readiness; mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:51
Last Modified: 05 Feb 2024 03:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item