Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA UKURAN DAN JARAK SEL HALLER KE OSTIUM MAKSILA DENGAN KEJADIAN SINUSITIS MAKSILARIS

Herdiansyah, Herdiansyah and Dewi, Anna Mailasari Kusuma and Marliyawati, Dwi and Iriani, Desy and Hariyati, Riece and Farokah, Farokah (2022) HUBUNGAN ANTARA UKURAN DAN JARAK SEL HALLER KE OSTIUM MAKSILA DENGAN KEJADIAN SINUSITIS MAKSILARIS. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - THESIS.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)

Abstract

Latar Belakang: Sel haller merupakan variasi anatomi yang terletak pada atap sinus maksila dan mempengaruhi kejadian sinusitis maksilaris. Peran sel haller dalam insiden sinusitis maksilaris masih diperdebatkan. Oleh karena itu, kami melakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik sel haller berupa ukuran dan jarak ke ostium dengan kejadian sinusitis maksilaris pada pasien rinosinusitis kronis di RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara ukuran dan jarak sel haller terhadap ostium maksila dan kejadian sinusitis maksilaris.
Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional retrospektif yang melibatkan 50 pasien rinosinusitis kronik dengan 100 sampel Multislice Computerized Tomography paranasal di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi Semarang pada Januari – Desember 2021. Pengukuran sel haller menggunakan Digital Imaging and Communications in Medicine.
Hasil: Subyek penelitian 100 sisi sinus maksila, 49 sampel diidentifikasi dengan sel haller dan sinusitis maksilaris dengan ukuran rata - rata 4,6 ± 2,5 mm dan jarak rata - rata sel haller ke ostium maksila 1,9 ± 0,8 mm (lebih sempit daripada tanpa sinusitis maksilaris). Terdapat hubungan antara keberadaan sel haller dengan kejadian sinusitis maksilaris (r= +0,323, p = 0,001). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada ukuran sel haller dengan atau tanpa sinusitis maksilaris (p = 0,751), namun terdapat perbedaan jarak sel Haller terhadap os maksila antara pasien dengan dan tanpa sinusitis maksilaris (p < 0,001).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara keberadaan sel haller dan jarak sel haller ke ostium maksila dengan sinusitis maksilaris

Kata Kunci: Kata kunci: Jarak sel haller, ukuran sel haller, sinusitis maksilaris

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Jarak sel haller, ukuran sel haller, sinusitis maksilaris
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:55
Last Modified: 26 Jun 2023 02:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item