Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK PEMAKAIAN DAN PERAWATAN KELAMBU BERINSEKTISIDA TAHAN LAMA (KBTL) DI DESA SIDOMULYO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2023

NURANINDITA, RAISHA (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK PEMAKAIAN DAN PERAWATAN KELAMBU BERINSEKTISIDA TAHAN LAMA (KBTL) DI DESA SIDOMULYO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RAISHA NUR.pdf - Published Version

Download (438kB)

Abstract

Kelambu berinsektisida tahan lama (KBTL) termasuk salah satu intervensi dalam pengendalian vektor malaria. Meskipun KBTL dianggap efektif selama tiga tahun, namun cara penggunaan dan pemeliharaan KBTL oleh pengguna mempengaruhi daya tahan fisik dan kimiawi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan praktik pemakaian dan perawatan KBTL di Desa Sidomulyo. Populasi penelitian ini sebanyak 153 rumah tangga dan sampel penelitian sebanyak 117 rumah tangga dengan kriteria responden berusia ≥ 17 tahun dan menerima KBTL pada bulan Agustus – September 2022. Teknik simple random sampling digunakan untuk menentukan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square pada tingkat kepercayaan 95% untuk menghubungkan variabel pengetahuan, sikap, dan praktik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dengan p value <0,001; OR 5,117 (2,263 – 11,572) dan sikap dengan p value <0,001; OR 0,067 (0,027 – 0,164) berhubungan signifikan dengan praktik pemakaian dan perawatan KBTL. Kondisi fisik KBTL berada dalam kategori baik, dengan 84% dalam keadaan layak pakai dan 20,5% dalam keadaan terpasang dengan baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap terhadap penggunaan dan pemeliharaan KBTL (nilai p <0,001); ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan praktik terhadap penggunaan dan pemeliharaan KBTL (nilai p <0,001); dan ada hubungan antara sikap dan praktik terhadap penggunaan dan pemeliharaan KBTL (nilai p <0,001). Disimpulkan bahwa meskipun memiliki sikap negatif, pengetahuan dan praktik responden terkait penggunaan dan perawatan kelambu tahan lama berinsektisida tergolong baik sehingga dapat mencegah penularan malaria.

Kata kunci: Kelambu, insektisida, malaria.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:00
Last Modified: 23 Jun 2023 09:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item