Search for collections on Undip Repository

OPTIMASI FORMULA DAN ANALISIS KADAR ANDROGRAFOLID SEDIAAN TABLET DISPERSIBEL EKSTRAK ETANOL HERBA SAMBILOTO (Andrographis paniculata (Burm.f.) Wall ex Nees.)

Hardjananta, Angelica Febriana and Ekawati, Nuraini and Rohana, Evieta (2023) OPTIMASI FORMULA DAN ANALISIS KADAR ANDROGRAFOLID SEDIAAN TABLET DISPERSIBEL EKSTRAK ETANOL HERBA SAMBILOTO (Andrographis paniculata (Burm.f.) Wall ex Nees.). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Angelica Febriana Hardjananta)
Abstrak_Angelica Febriana Hardjananta.pdf

Download (87kB)

Abstract

Andrografolid dalam ekstrak etanol herba sambiloto terbukti dapat menurunkan kadar glukosa darah. Kekurangan andrografolid adalah rasanya pahit dan kelarutannya rendah di air. Keterbatasan tersebut menyebabkan sambiloto perlu diformulasikan menjadi sediaan dengan rasa acceptable, laju dispersinya cepat, dan mampu meningkatkan kelarutan andrografolid. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan optimum konsentrasi bahan penghancur SSG dan CCS dalam tablet dispersibel herba sambiloto. Ekstrak herba sambiloto dibuat dengan metode maserasi. Ekstrak diformulasikan menjadi tablet dispersibel dengan metode granulasi basah. Evaluasi granul, evaluasi tablet, serta pengujian kadar andrografolid tablet dengan HPLC akan dilakukan dalam penelitian ini. Formula tablet dioptimasi dengan metode Simplex Lattice Design (SLD) menggunakan Design Expert®. Formula optimum diverifikasi menggunakan metode one sample t-test. Hasil persamaan SLD menunjukkan semakin tinggi konsentrasi SSG, maka rasa, kekerasan, waktu terdispersi, waktu pembasahan, dan volume pembasahan tablet akan meningkat; sedangkan kerapuhan tablet akan menurun. Pengujian secara statistik menunjukkan variasi konsentrasi bahan penghancur SSG dan CCS berpengaruh signifikan terhadap sifat fisik tablet dispersibel. Kadar andrografolid dalam tablet menunjukkan penurunan kadar dibandingkan teoritisnya. Komposisi formula optimum tablet dispersibel herba sambiloto adalah 65,931% SSG dan 34,069% CCS. Kadar andrografolid dalam tablet formula optimum sebesar 0,11%.

Kata Kunci : tablet dispersibel, herba sambiloto, antidiabetes, dan Simplex Lattice Design (SLD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tablet dispersibel, herba sambiloto, antidiabetes, dan Simplex Lattice Design (SLD).
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:21
Last Modified: 26 Jun 2023 03:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item