Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UTILISASI JANGKA PANJANG PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG

AFIFAH, NADIYA RIDHA (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UTILISASI JANGKA PANJANG PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NADIYA.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Semakin tingginya tuntutan masyarakat dalam pelayanan kesehatan yang diiringi dengan perkembangan pesat pada rumah sakit menjadikan persaingan antar rumah sakit menjadi semakin ketat yang berdampak pada utilisasi masyarakat pada pelayanan kesehatan yang dapat ditunjukkan dari angka kunjungan pasien. Kunjungan rawat jalan di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang mengalami fluktuasi selama tiga tahun terakhir maupun jika dilihat berdasarkan bulan pada Bulan Agustus-Desember 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran utilisasi pelayanan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi utilisasi jangka panjang pada pelayanan rawat jalan di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional dengan 100 orang responden pasien rawat jalan RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat utilisasi pelayanan rawat jalan di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang adalah baik (79%). Faktor-faktor yang mempengaruhi utilisasi jangka panjang pasien terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang dengan p-value < 0,05 adalah kepercayaan pada rumah sakit (hospital trust) (OR = 2,979) dan nilai pasien (OR = 7,938) yang berpengaruh positif. Diperlukan upaya peningkatan kepercayaan pasien serta optimalisasi SDM dan peningkatan pelayanan di rumah sakit dalam rangka meningkatkan kunjungan pasien ke rumah sakit sebagai bentuk utilisasi pelayanan dalam jangka panjang.

Kata kunci: Utilisasi Pelayanan Kesehatan, Rawat Jalan, Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:55
Last Modified: 23 Jun 2023 04:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13884

Actions (login required)

View Item View Item