Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI

FAUZAN, AMANDA WILDAN (2023) HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AMANDA WILDAN.pdf - Published Version

Download (439kB)

Abstract

Latar Belakang : Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular dimana penularannya disebabkan tiga faktor yaitu manusia (host), virus (agent), dan lingkungan (environment). Kasus DBD di Indonesia dan Jawa Tengah (2020-2022) mengalami penurunan, namun di Kabupaten Boyolali mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan faktor lingkungan dan perilaku masyarakat dengan kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain studi case-control. Subjek penelitian 114 responden di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali diambil dengan teknik total sampling untuk sampel kasus dan purposive sampling untuk sampel kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode wawancara.
Hasil : Uji analisis data dengan uji chi square. Terdapat hubungan antara frekuensi pengurasan TPA (p- value < 0,001), keberadaan resting place (p- value = 0,009), pengalaman mendapat penyuluhan DBD (p- value < 0,001), keberadaan jentik (p- value < 0,001), sikap (p- value < 0,001) dan tindakan (p-value = 0,037) dengan kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun 2022. Kepadatan hunian, keberadaan breeding place, dan pengetahuan tidak berhubungan dengan kejadian kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali.
Kesimpulan : frekuensi pengurasan TPA, keberadaan resting place, pengalaman mendapat penyuluhan DBD, keberadaan jentik, sikap, dan tindakan berhubungan dengan kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali.
Saran : Masyarakat meniadakan pakaian menggantung, menguras tempat penampungan air seminggu sekali atau lebih, memeriksa jentik mandiri seminggu sekali.

Kata Kunci : Faktor lingkungan, Perilaku, Demam Berdarah Dengue

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:55
Last Modified: 23 Jun 2023 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item