Search for collections on Undip Repository

POTENSI ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI PEMBERSIH GIGI TIRUAN LEPASAN RESIN AKRILIK (KAJIAN TERHADAP KEKASARAN, KEKERASAN PERMUKAAN PLAT RESIN AKRILIK, DAN SIFAT ORGANOLEPTIK)

Kumalasari, Sekar Diah and Wibisono, Gunawan and Windriyatna, Windriyatna and Prihatiningsih, Tyas (2023) POTENSI ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI PEMBERSIH GIGI TIRUAN LEPASAN RESIN AKRILIK (KAJIAN TERHADAP KEKASARAN, KEKERASAN PERMUKAAN PLAT RESIN AKRILIK, DAN SIFAT ORGANOLEPTIK). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
SEKAR DIAH KUMALASARI-220010219130009-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)

Abstract

Tujuan: Mengetahui potensi asap cair tempurung kelapa sebagai pembersih gigi tiruan lepasan resin akrilik. Metode: Jenis penelitian eksperimental laboratoris dengan rancangan penelitian post test only control group design dan penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan terbuat dari resin akrilik polimerisasi panas berbentuk silinder berukuran diameter 30±1 mm dan tinggi 5±1 mm berjumlah 36 sampel yang terbagi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol yang direndam dalam larutan natrium hipoklorit 0,5% dan kelompok perlakuan yang direndam dalam larutan asap cair tempurung kelapa 20% dan peppermint oil 0,5%. Perendaman dilakukan selama 92 jam. Uji hedonik dilakukan pada 20 mahasiswa dengan mengamati warna dan bau dari kedua larutan. Perbedaan kekasaran dan kekerasan permukaan dari kedua kelompok dianalisis menggunakan uji independent T test dan perbedaan sifat organoleptik dari kedua kelompok dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna pada nilai kekasaran permukaan (p=0,88) dan terdapat perbedaan bermakna pada nilai kekerasan permukaan (p=0,00) dari kedua kelompok sampel. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan bermakna (p=0,001) pada penerimaan konsumen terhadap sifat organoleptik kedua larutan sebagai pembersih gigi tiruan lepasan resin akrilik. Kesimpulan: Asap cair tempurung kelapa berpotensi sebagai pembersih gigi tiruan lepasan resin akrilik.
Kata kunci: asap cair tempurung kelapa, pembersih gigi tiruan, kekasaran permukaan, kekerasan permukaan, sifat organoleptik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: asap cair tempurung kelapa, pembersih gigi tiruan, kekasaran permukaan, kekerasan permukaan, sifat organoleptik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:49
Last Modified: 23 Jun 2023 01:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item View Item