Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG

'Adlih, Ba'itsuddin and Mariyono, Joko and Prayoga, Kadhung (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya jumlah penyuluh pertanian lapangan dan kurang adanya anggaran biaya untuk kegiatan penyuluhan yang dikhawatirkan dapat mempengaruhi persepsi petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisis persepsi petani terhadap kinerja penyuluh pertanian dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2023 di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pengambilan sampel secara proportionate stratified random sampling yaitu sebanyak 108 petani. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan persepsi petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang diperoleh skor rata-rata yaitu 1.919 dengan indeks skor 76,00% yang artinya termasuk dalam kategori baik. Variabel keaktifan petani, usia petani, tingkat pendidikan petani, lama berusahatani, dan luas lahan secara simultan mempengaruhi persepsi petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, sedangkan secara parsial hanya variabel keaktifan petani yang mempengaruhi persepsi petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pemerintah daerah dan penyuluh pertanian dalam mensejahterakan petani dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya penyuluh pertanian dan memfasilitasinya dalam hal anggaran agar meningkatkan kinerjanya.

Kata Kunci: karakteristik petani, kinerja, penyuluhan, persepsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: karakteristik petani, kinerja, penyuluhan, persepsi.
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:47
Last Modified: 15 Jan 2024 04:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13846

Actions (login required)

View Item View Item