Search for collections on Undip Repository

SIKAP DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DKI JAKARTA DALAM PEMBELIAN BUAH LOKAL PADA PLATFORM E-COMMERCE TOKOPEDIA

Ramadhani, Safira Rizkifa and Prastiwi, Wahyu Dyah and Mukson, Mukson (2023) SIKAP DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DKI JAKARTA DALAM PEMBELIAN BUAH LOKAL PADA PLATFORM E-COMMERCE TOKOPEDIA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
(Skripsi +TTD) Safira Rizkifa Ramadhani_23020319120027-1-14.pdf

Download (441kB)
[img] Text
(Skripsi +TTD) Safira Rizkifa Ramadhani_23020319120027-15-19.pdf

Download (76kB)
[img] Text
(Skripsi +TTD) Safira Rizkifa Ramadhani_23020319120027-20-42.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
(Skripsi +TTD) Safira Rizkifa Ramadhani_23020319120027-43-57.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
(Skripsi +TTD) Safira Rizkifa Ramadhani_23020319120027-58-102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
(Skripsi +TTD) Safira Rizkifa Ramadhani_23020319120027-103-104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
(Skripsi +TTD) Safira Rizkifa Ramadhani_23020319120027-105-180.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumen akan mempengaruhi individu dalam memutuskan pembelian suatu produk. Tujuan penelitian adalah menganalisis karakteristik, sikap, dan proses pengambilan keputusan konsumen buah lokal pada platform e-commerce Tokopedia. Manfaat penelitian yaitu sebagai referensi untuk mempertimbangkan dan merumuskan strategi pemasaran yang lebih baik bagi pelaku bisnis online. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Oktober - Desember 2022. Penelitian menggunakan metode survei. Seratus sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diambil melalui penyebaran kuesioner secara online dengan pertimbangan responden berdomisili di DKI Jakarta, orang dewasa yang bertanggung jawab atas belanja pangan rumah tangga atau pribadi, dan pernah membeli buah lokal di Tokopedia. Data sekunder diambil melalui studi pustaka melalui buku dan jurnal ilmiah. Kuesioner diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen berusia 20-25 tahun, perempuan, pelajar/mahasiswa/i, tingkat pendidikan terakhir sarjana, memiliki pendapatan Rp 2.000.000 - 4.999.999/bulan. Frekuensi pembelian 1-3 kali/bulan. Sikap konsumen terhadap atribut buah lokal positif yang mengindikasikan bahwa konsumen menyukai atribut buah lokal. Tahapan pengambilan keputusan diawali dengan motivasi mengonsumsi buah dan disarankan membeli buah lokal di Tokopedia. Keluarga dan review konsumen menjadi sumber informasi. Konsumen mengetahui harga dan jenis buah di Tokopedia beragam serta pertimbangan daerah asal buah. Konsumen memutuskan pembelian karena kualitas produk terjamin, sesuai kebutuhan, serta terdapat brand. Konsumen merasa puas sehingga bersedia membeli ulang serta menyarankan orang lain membeli buah lokal di Tokopedia.

Kata Kunci: Analisis Fishbein, buah lokal, pengambilan keputusan, sikap konsumen, Tokopedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Fishbein, buah lokal, pengambilan keputusan, sikap konsumen, Tokopedia
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:47
Last Modified: 15 Jan 2024 04:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item