Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN GANGGUAN TIDUR PADA MASYARAKAT DI SEKITAR RUAS JALAN DR CIPTO MANGUNKUSUMO KOTA TEGAL

AFRIDA, AURORA NUR (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN GANGGUAN TIDUR PADA MASYARAKAT DI SEKITAR RUAS JALAN DR CIPTO MANGUNKUSUMO KOTA TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AURORA.pdf - Published Version

Download (431kB)

Abstract

Tidur merupakan salah satu mekanisme otak yang bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan, keseimbangan fisik dan psikologis. Terganggunya tidur dikaitkan dengan permasalahan psikologis, disfungsi kinerja kognitif, penyakit kronis, hingga peningkatan risiko kematian. Berbagai faktor, seperti kebisingan yang dipengaruhi oleh kondisi rumah dapat menggangu tidur seseorang. Masyarakat yang tinggal di sekitar jalan arteri lebih berisiko untuk terganggu akibat kebisingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian gangguan tidur pada masyarakat yang tinggal di sekitar ruas Jalan dr. Cipto Mangunkusumo Kota tegal. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian observasional analitik dengan desain studi cross-sectional. Responden berjumlah 63 orang, bertempat tinggal di sekitar jalan, dipilih menggunakan stratified random sampling secara proporsional. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pengukuran. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa mayoritas responden adalah perempuan, sudah tinggal di rumah ≥10 tahun, rumah berjarak <20,5m dari jalan utama, rumah berjarak ≥20,5m dari pusat keramaian, tidur dengan jendela/ventilasi terbuka, tidur dengan pintu tertutup, tidur dengan jendela/ventilasi kamar tidak menghadap ke jalan, tidur dengan pintu kamar tidak menghadap ke jalan, presentase responden yang intensitas kebisingan dirumahnya saat hari kerja >55dB sebesar 93,7%, presentase responden yang intensitas kebisingan dirumahnya saat akhir pekan>55dB sebesar 98,4%, memiliki vegetasi di halaman rumah, tidak memiliki riwayat penyakit, tidak mengalami stres dan 71,4% mengalami gangguan tidur. Hasil analisis bivariat menggunakan Rank-spearman correlation menunjukkan bahwa tingkat stres berhubungan dengan kejadian gangguan tidur (p=0,010, KK=0,320). Kesimpulannya, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan gangguan tidur pada masyarakat yang tinggal di sekitar ruas jalan dr. Cipto Mangunkusumo Kota Tegal.

Kata Kunci : gangguan tidur, jalan arteri, masyarakat, stres

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:30
Last Modified: 22 Jun 2023 06:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item View Item