Search for collections on Undip Repository

UJI VALIDITAS METODE FOOD WEIGHING, FOOD RECALL DAN FFQ-SEMI QUANTITATIVE PADA KONSUMSI ANAK STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang)

LYMBIARDY, LYNDA (2023) UJI VALIDITAS METODE FOOD WEIGHING, FOOD RECALL DAN FFQ-SEMI QUANTITATIVE PADA KONSUMSI ANAK STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LYNDA.pdf - Published Version

Download (439kB)

Abstract

Survei konsumsi pangan bertujuan untuk mengetahui asupan zat gizi pada balita stunting. Metode survey konsumsi pangan pada penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu Food Weighing, Food Recall dan FFQ-Semi Quantitative. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil perhtiungan asupan zat gizi yang diukur menggunakan food recall dan FFQ-Semi Quantitative dan dibandingkan dengan metode food weighing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis analitik dengan pendekatan cross sectional dengan variabel bebas yang diteliti yaitu terkait sensitivitas dan spesifisitas metode food weighing, food recall dan FFQ-Semi Quantitative dan variabel terikat pada penelitian ini adalah asupan zat gizi pada balita stunting. Nilai sensitivitas dan spesififitas metode food recall dan FFQ-Semi Quantitative lebih kecil jika diujikan dengan food weighing. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pengukuran dari ketiga metode yang digunakan (p = >0,05), FFQ-Semi Quantitative valid dalam mengukur TKE individu jika dibandingkan dengan food weighing (RMSE = 237,5, AUC = 0,511, Se= 90%). Sedangkan Food recall kurang valid dalam mengukur TKG individu dibandingkan dengan FFQ-Semi Quantitative dan food weighing.

Kata Kunci: Stunting; Validitas; Food Weighing; Food Recall; FFQ-Semi Quantitative

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:02
Last Modified: 22 Jun 2023 06:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

View Item View Item