Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN KUALITAS HIDUP PADA FAMILY CAREGIVER ORANG DENGAN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH DR. AMINO GONDOHUTOMO

Betaningsih, Desy Tasya and Desiningrum, Dinie Ratri (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN KUALITAS HIDUP PADA FAMILY CAREGIVER ORANG DENGAN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH DR. AMINO GONDOHUTOMO. Undergraduate thesis, Undip.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK DESY TASYA.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK

Keluarga sebagai pengasuh orang dengan skizofrenia menghadapi berbagai tanggung jawab dalam merawat pasien. Hal tersebut dapat menempatkan family caregiver rentan mengalami perubahan kualitas hidup. Self-compassion membantu family caregiver untuk dapat menerima, mengenal, serta mencintai diri sendiri saat mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan kualitas hidup pada family caregiver orang dengan skizofrenia di RSJD dr. Amino Gondohutomo. Subjek pada penelitian ini sejumlah 98 family caregiver yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Skala Kualitas Hidup (27 aitem, α = 0,929) dan Self-Compassion Scale versi Bahasa Indonesia (24 aitem, α = 0,904). Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-compassion dengan kualitas hidup (F = 290,980, rxy = 0,867, p = 0,000, R2 = 0,752) artinya semakin tinggi self-compassion maka semakin tinggi pula kualitas hidup family caregiver orang dengan skizofrenia. Self-compassion memberikan sumbangan efektif sebesar 75,2% terhadap peningkatan kualitas hidup pada family caregiver orang dengan skizofrenia.

Kata kunci: self-compassion, kualitas hidup, family caregiver

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:53
Last Modified: 05 Feb 2024 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13789

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item