Search for collections on Undip Repository

KUANTITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA BANGSAL ANAK RSUP DR. KARIADI SEMARANG SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Vidia, Nabilah Al-lathifa Candra Syarif and Arkhaesi, Nahwa and Farida, Helmia (2023) KUANTITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA BANGSAL ANAK RSUP DR. KARIADI SEMARANG SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK - KTI)
ABSTRAK - KTI.pdf

Download (72kB)

Abstract

Latar Belakang: Tingginya kuantitas penggunaan antibiotik selama masa pandemi COVID-19 karena menjadi salah satu komponen tatalaksana pasien COVID-19 menyebabkan banyak bakteri patogen menjadi multiresistensi yang menyebabkan peningkatan lama rawat, biaya perawatan, komplikasi hingga kematian. World Health Organization (WHO) telah memperinggatkan untuk mencegah dan mengendalikan problem resistensi dengan prinsip “Penggunaan antibiotik secara bijak (prudent use of antibiotics)”.
Tujuan: Mendapatkan data kuantitas penggunaan antibiotik pada bangsal anak RSUP Dr. Kariadi Semarang sebelum dan selama pandemi COVID-19.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan belah lintang (cross sectional). Mengambil semua pasien yang dirawat selama masa pengamatan (studi populasi) pada pasien anak di Gedung Cendrawasih lantai dasar (C1LDa) dan Gedung Cendrawasih lantai 1 (C1L1) dengan melihat rekap pemberian antibiotik di Instalasi Farmasi yang terdata di RSUP Dr. Kariadi Semarang periode Januari – Desember 2019 dan Januari – Desember 2021.
Hasil: Terdapat 1.378 pasien anak yang mendapatkan antibiotik. Frekuensi terbanyak pada usia 1 – 5 tahun, dengan jenis antibiotik terbanyak ialah ampisillin-sulbactam pada sebelum pandemi COVID-19 (9,5 DDD/100 pasien-hari) dan seftriakson pada selama pandemi COVID-19 (17,06 DDD/100 pasien-hari).
Kesimpulan: Selama masa pandemi COVID-19 di C1LDa dan C1L1 telah terjadi peningkatan penggunaan seftriakson, gentamisin, ampisillin-sulbactam dan sefotaksim, serta penurunan penggunaan meropenem dan amikasin meskipun dengan persentase yang tidak besar.
Kata Kunci: antibiotik, pasien anak, DDD/100 Pasien – hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antibiotik, pasien anak, DDD/100 Pasien – hari
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:07
Last Modified: 14 Dec 2023 05:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item