Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP INNOVATION CAPABILITY MELALUI KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada IKM Mebel Desa Tahunan, Kabupaten Jepara)

Ananda, Fitria (2023) PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP INNOVATION CAPABILITY MELALUI KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada IKM Mebel Desa Tahunan, Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (865kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (726kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (394kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berinovasi berperan penting dalam menjaga keberlangsungan sebuah usaha untuk bertahan lama di pasar. Banyaknya penurunan jumlah IKM Mebel pada Kabupaten Jepara selama beberapa tahun terakhir mengindikasikan adanya sebuah masalah dalam berinovasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh struktur organisasi dan budaya organisasi terhadap innovation capability melalui knowledge sharing pada IKM Mebel di Desa Tahunan Kabupaten Jepara. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang dengan pemilihan desa menggunakan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Tipe penelitian ini ialah explanatory research dengan data diolah menggunakan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan struktur organisasi dan budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap innovation capability melalui knowledge sharing. Adapun batasan penelitian ini hanya membahas pada lingkup KM foundations saja. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dilaksanakan pada sektor IKM, desa, maupun kota yang berbeda dengan lingkup bahasan KM yang lebih luas, serta indikator variabel yang lebih menyeluruh guna memperoleh hasil yang lebih beragam dalam penelitian selanjutnya.
Kata kunci: struktur organisasi, budaya organisasi, knowledge sharing, innovation capability, Industri Kecil dan Menengah (IKM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:06
Last Modified: 22 Jun 2023 03:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item