Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TRANSCUTANEUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) TERHADAP INTENSITAS NYERI DENGAN SKOR NUMERIC RATING SCALE (NRS) DAN KADAR C-REACTIVE PROTEIN PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUP DR KARIADI SEMARANG

Setyaningsih, Ratna and WICAKSONO, SATRIO ADI and Villyastuti, Yulia Wahyu (2023) PENGARUH TRANSCUTANEUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) TERHADAP INTENSITAS NYERI DENGAN SKOR NUMERIC RATING SCALE (NRS) DAN KADAR C-REACTIVE PROTEIN PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUP DR KARIADI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK Ratna.pdf

Download (113kB)

Abstract

Latar Belakang : Nyeri akut paska sectio caesaria banyak dikeluhkan oleh ibu yang melahirkan, terutama pada 6 jam paska operasi. Manajemen nyeri akut paska sectio caesaria secara non farmakologis adalah Transcuateus Electrical Nerve Stimulations (TENS). Numeric Rating Scale (NRS) merupakan pengukuran intensitas nyeri sebagai gambaran keparahan nyeri. Nyeri pada luka operasi mengakibatkan sekresi mediator pro inflamasi. CRP (C-Reactive Protein) adalah biomarker sitokin pro inflamasi berperan menilai tingkat inflamasi paska sectio caesaria. Tujuan : Mengetahui pengaruh TENS terhadap penurunan nyeri dengan skor NRS dan penurunan kadar CRP post operasi sectio caesaria. Metode Penelitian : Desain penelitian Quasi Eksperimental. Subjek penelitian pasien prosedur sectio caesaria di RSUP Dr. Kariadi Semarang periode Februari – Maret 2023 menggunakan anestesi regional spinal. Pasien dikategorikan dengan pemberian analgetik Paracetamol 1 gr/8 jam po dan Inj Ketorolac 30 mg/8 jam intravena post operasi dengan dan tanpa terapi TENS. Pengambilan sampel darah untuk pengukuran kadar CRP pada 6 jam dan penilaian skor NRS 6 jam, 12 jam, 24 jam post operasi. Analisis bivariat dan multivariat untuk menilai pengaruh TENS terhadap intensitas nyeri dengan NRS dan kadar CRP post sectio caesaria. Hasil : Didapatkan perbedaan yang bermakna antara skor NRS 6, 12 dan 24 jam post operasi pada kelompok perlakuan dan kontrol (p < 0,05) serta terdapat perbedaan yang bermakna antara kadar CRP 6 jam post operasi antara kelompok perlakuan dan kontrol (p < 0,05). Terdapat 4 (18,2%) subjek yang mendapatkan rescue analgesia dan 3 (13,6%) subjek mengalami efek samping berupa mual pada kelompok tanpa perlakuan TENS. Kesimpulan : Pemberian TENS post operasi sectio caesaria dapat menurunkan nilai ambang nyeri dengan penilaian skor NRS dan kadar faktor proinflamasi CRP.
Kata Kunci : TENS, NRS, CRP, Sectio caesarea

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TENS, NRS, CRP, Sectio caesarea
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:43
Last Modified: 22 Jun 2023 04:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item