Search for collections on Undip Repository

PROFIL PELAYANAN ANESTESI REGIONAL DI RSUP DR.KARIADI SEMARANG

Chaerani, Deslia and Sutiyono, Doso and Soesilowati, Danu (2023) PROFIL PELAYANAN ANESTESI REGIONAL DI RSUP DR.KARIADI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK PROFIL PELAYANAN ANESTESI REGIONAL DI RSUP DR.KARIADI SEMARANG-KTI)
Abstrak - PROFIL PELAYANAN ANESTESI REGIONAL DI RSUP DR.KARIADI SEMARANG - dr.Deslia Chaerani.pdf

Download (152kB)

Abstract

Latar Belakang: Anestesi regional memiliki peran penting untuk anestesi dalam tindakan operasi maupun sebagai analgesi. Teknik anestesi regional menawarkan kontrol nyeri yang lebih baik dan umum digunakan selama operasi berlangsung maupun post operasi. Hingga saat ini, di RSUP dr.Kariadi Semarang masih belum memiliki data profil pelayanan anestesi regional.

Tujuan: Mengetahui profil pelayanan anestesi regional untuk pemetaan, melihat perencanaan, pelaksaan dan efektifitas anestesi regional di RSUP dr.Kariadi Semarang.

Metode: Penelitian deskriptif observasional dengan metode total sampling sesuai kriteria inklusi dan ekslusi terhadap 433 pasien yang dikelompokkan berdasarkan sesuai jenis anestesi regional. Pengambilan data di ruang operasi dan di ruang rawat.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa anestesi regional di RSUP dr.Kariadi Semarang terbanyak yang digunakan pada jenis anestesi regional neuroaksial. Teknik yang paling banyak digunakan yaitu anestesi epidural dengan jumlah total 199 pasien (45,9%), CSE 104 pasien (24%) dan spinal 104 pasien (24%). Komplikasi anestesi regional intraoperasi paling sering yaitu hipotensi (40,4%).

Simpulan: Pelaksanaan anestesi regional terbanyak adalah blok neuroaksial. Dimana blok epidural memiliki peran utama yang sering dilakukan untuk analgetik intraoperasi maupun post opererasi. Pelaksanaan PNB di RSUP dr.Kariadi Semarang masih sedikit dilakukan pada 22 pasien (5,1%).

Kata Kunci: profil,pelayanan,teknik anestesi,anestesi regional,neuroaksial

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profil , Pelayanan , Teknik Anestesi , Anestesi Regional , Neuroaksial
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:21
Last Modified: 22 Jun 2023 04:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item View Item