Search for collections on Undip Repository

Peran Konten Makanan (Food Content) di Media Sosial terhadap Pemilihan Makanan pada Remaja Putri

Arfani, Ahyaital and Margawati, Ani and Marfu’ah Kurniawati, Dewi Peran Konten Makanan (Food Content) di Media Sosial terhadap Pemilihan Makanan pada Remaja Putri. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ahyaital.pdf

Download (176kB)

Abstract

Latar Belakang : Pemilihan makan pada remaja dapat dipengauhi oleh konten makanan di media sosial. Remaja putri lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain media sosial dibandingkan remaja laki-laki. Konten makanan (food content) di media sosial adalah semua konten bertema makanan dapat berupa foto, video, iklan di sosial media, konten makanan oleh influencer, acara memasak atau konten dari teman.
Tujuan : Mengkaji penelitian terkini terkait dengan peran konten makanan (food content) di media sosial dengan pemilihan makanan pada remaja putri.
Metode : Pencarian artikel penelitian tahun 2013 – 2023 dilakukan di database PubMed, Science Direct dan Google Scholar dengan penggunaan kata kunci konten makanan, foto makanan, media sosial dan pemilihan makanan, asupan makanan dan remaja putri. Sebanyak 12 artikel dipilih sesuai dengan topik yang diteliti dan kriteria yang ditentukan.

Hasil : Pemilihan makan pada remaja putri cenderung mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, tinggi natrium, rendah serat dan lebih menyukai konsumsi minuman manis. Remaja putri diketahui lebih sering menggunakan media sosial dan lebih menyukai melihat konten makanan yang ada di media sosial. Terdapat peran konten makanan (food content) yang ada di media sosial terhadap pemilihan makanan pada remaja putri.

Simpulan : Konten makanan (food content) di media sosial berperan terhadap pemilihan makanan pada remaja putri.

Kata Kunci : Konten makanan, foto makanan, media sosial, pemilihan makanan, asupan makan, remaja putri

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Jun 2023 10:34
Last Modified: 21 Jun 2023 10:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item