Search for collections on Undip Repository

PEMBANGUNAN BERBASIS MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BANK SAMPAH KENCANA, KELURAHAN CANDIREJO, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG

SAFITRI, MAULINA ERZA (2022) PEMBANGUNAN BERBASIS MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BANK SAMPAH KENCANA, KELURAHAN CANDIREJO, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover (1).pdf - Submitted Version

Download (646kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (660kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (903kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (128kB)

Abstract

Bank Sampah merupakan salah satu upaya dalam rangka mengurangi timbulan sampah dan sebagai kegiatan pembangunan berbasis masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan bank sampah berbasis masyarakat pada Bank Sampah Kencana, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang dengan menggunakan siklus pembangunan berbasis masyarakat. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan bank sampah berbasis masyarakat pada Bank SampahKencanasudah berjalan dengan baik, meskipun masih ditemukan beberapa hal yang kurang dalam pelaksanaanya. Dari ketujuhsiklus, siklusPeningkatanPartisipasi Kelompok Masyarakat dan siklusTumbuhnyaKompetensiKelompok Masyarakat Untuk Berubah menjadisiklus yang terbaikdikarenakantidakadakendala. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah mengevaluasi mekanisme pendaftaran nasabah Bank Sampah Kencana, terus melakukan sosialisasi, edukasi dan motivasi mengenai pemilahan sampah, penerapan 3R dalam kehidupan sehari-hari, pentingnya melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar, serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bergabung ke dalam Bank Sampah Kencana dan perlunya penambahan sumber daya manusia pada tim fasilitator pelestarian lingkungan hidup di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang.
Kata Kunci:Pemberdayaan, Masyarakat, Partisipasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:03
Last Modified: 21 Jun 2023 07:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item