Search for collections on Undip Repository

Asupan Zat Gizi Makro, Tingkat Stres, Dan Status Gizi Pekerja Kantor : Studi Literatur

Noviarni, Ayudika and Margawati, Ani and Kurniawati, Dewi Marfu’ah Asupan Zat Gizi Makro, Tingkat Stres, Dan Status Gizi Pekerja Kantor : Studi Literatur. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ayudika.pdf

Download (194kB)

Abstract

Latar Belakang: Perilaku sedentari memiliki risiko terhadap kejadian obesitas pada pekerja kantor. Obesitas terjadi ketika aktivitas fisik ringan sedangkan asupan makan melebihi kebutuhan. Salah satu risiko kenaikan berat badan adalah ketika seseorang mengalami stres dan tidak dapat mengolahnya dengan baik sehingga akan berdampak pada perilaku makan yang kurang sehat.
Tujuan: Mengkaji penelitian-penelitian terkini yang berkaitan dengan asupan zat gizi makro (karbohidrat, lemak, dan protein), tingkat stres, dan status gizi pada pekerja kantor.
Metode: Literature review ini menggunakan data base PubMed, ProQuest, Science Direct, dan Google Scholar dan dalam pencarian kata kunci menggunakan booelan operators untuk menghubungkan antar variabel.
Hasil: Ditemukan 13 artikel sepuluh tahun terakhir sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Pekerja kantor memiliki perilaku sedentari. Rata-rata asupan zat gizi makro melebihi kebutuhan, asupan karbohidrat 3 artikel, lemak 7 artikel, protein 3 artikel. Tingkat stres tinggi 5 artikel. Status gizi overweight dan obesitas 7 artikel. Terdapat 4 hasil artikel yang menunjukkan karbohidrat, lemak, dan lemak jenuh berhubungan dengan status gizi serta IMT yang tinggi meningkatkan tingkat stres pekerja kantor.
Simpulan: Sebagian besar asupan karbohidrat, lemak, dan protein melebihi kebutuhan, tingkat stres sedang hingga tinggi, dan status gizi tergolong overweight dan obesitas pada pekerja kantor. Perbedaan variabel dan metode penelitian pada 4 artikel menjadikan hasil yang tidak konsisten.
Kata Kunci: zat gizi makro, stres, status gizi, obesitas, pekerja kantor, perilaku sedentari

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:51
Last Modified: 21 Jun 2023 04:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item View Item