Search for collections on Undip Repository

KANDUNGAN ZAT GIZI MAKRO DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SNACKBAR DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BIJI ALPUKAT

Putra Abadi, M Naufal and Widyastuti, Nurmasari and Candra, Aryu and Purwanti, Rachma KANDUNGAN ZAT GIZI MAKRO DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SNACKBAR DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BIJI ALPUKAT. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-M naufal.pdf

Download (196kB)

Abstract

Latar Belakang: Biji alpukat sering kali hanya menjadi limbah rumah tangga, nyatanya biji alpukat sendiri memiliki kandungan serat pangan, antioksidan, dan rendah gluten.
Tujuan: Studi ini bertujuan untuk menganalisis kandungan zat gizi makro dan aktivitas antioksidan snack bar dengan penambahan tepung biji alpukat.
Metode: Formulasi snack bar dilakukan berdasarkan komposisi tepung biji alpukat sebesar 6%, 8%, dan 10%. Snack bar dibuat pada suhu 60°C selama 60 menit. Analisis kandungan gizi makro menggunakan soxhlet untuk lemak, by difference untuk kabohidrat, dan kjedahl untuk protein. Aktivitas antioksidan dengan metode DPPH. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Shapiro-Wilk, Mann-Whitney, ANOVA, Bonferroni, dan Games-Howell
Hasil: Terdapat perbedaan pada kandungan makro serta aktivitas antioksidan seiring bertambahnya jumlah tepung biji alpukat yang digunakan pada produk snack bar. Kadar makro memiliki perbedaan yang tidak signifikan dimana nilai p>0,05 sedangkan aktivitas antioksidan memiliki nilai perbedaan yang signifikan ditandai dengan nilai p<0,05.
Kesimpulan: Penambahan tepung biji alpukat pada produk snack bar memberikan pengaruh terhadap kandungan makro dan aktivitas antioksidan.

Kata Kunci: Aktivitas Antioksidan, Karbohidrat, Lemak, Protein, Snack bar, Tepung Biji Alpukat,

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:40
Last Modified: 21 Jun 2023 04:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13716

Actions (login required)

View Item View Item