Search for collections on Undip Repository

KANDUNGAN GIZI CRACKERS FORMULA TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolorr L.) DENGAN PENAMBAHAN DAUN TALAS (Colocasia esculenta (L). Schoot)

Anissa, Roselyn and Syauqy, Ahmad and Rahadiyanti, Ayu and Anjani, Gemala KANDUNGAN GIZI CRACKERS FORMULA TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolorr L.) DENGAN PENAMBAHAN DAUN TALAS (Colocasia esculenta (L). Schoot). -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Roselyn.pdf

Download (179kB)

Abstract

Latar Belakang: Penderita diabetes disarankan untuk menjaga kadar glukosa darah seimbang, tidak hiperglikemik maupun hipoglikemik. Biji sorgum (Sorghum bicolor L.) memiliki nilai indeks glikemik yang rendah dan serat yang tinggi yang memberikan efek hipoglikemik karena memiliki daya cerna yang lambat, memperlambat pengosongan lambung, menghambat aktivitas enzim pencernaan. Daun talas (Colocasia esculenta (L). Schoot berpotensi menurunkan kadar glukosa darah serta mencegah dan mengobati komplikasi diabetes.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kandungan gizi dalam crackers formula tepung sorgum dengan penambahan daun talas.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang diuji adalah crackers formula tepung sorgum daun talas yang akan diuji kandungan proksimat (kadar air, abu, karbohidrat, protein, dan lemak) dan serat kasar, dengan tiga kali pengulangan.
Hasil: Crackers sorgum daun talas memiliki 349,83 kkal energi dengan kadar air 11,44 % serta kadar abu sebesar 2,75 %. Karbohidrat yang tedapat dalam crackers sorgum daun talas sebesar 65,08 %, % dengan serat kasar 3,45 , protein 11,96 %, dan lemak 5,33 %.
Simpulan: Penderita diabetes dapat mengkonsumsi 5-6 keping crackers sorgum daun talas guna mencukupi kebutuhan energi makanan selingan per sajian yang mengandung 100kkal dan mengandung karbohidrat kompleks serta serat kasar dan protein yang sesuai anjuran untuk penderita diabetes..

Kata Kunci: cracker, tepung sorgum, daun talas, kandungan gizi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:32
Last Modified: 21 Jun 2023 04:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item