Search for collections on Undip Repository

FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENGELOLAAN SAMPAH BERDASARKAN KONSEP ZERO-WASTE PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO

TRISNANINGTYAS, ANNISA YASMINE (2023) FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENGELOLAAN SAMPAH BERDASARKAN KONSEP ZERO-WASTE PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANNISA YASMINE.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Timbulan sampah total kota Semarang pada tahun 2022 mengalami peningkatan dibanding tahun 2021 sebesar 336 ton. Sampah yang tidak dilakukan pengolahan dengan baik dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan dapat menyebabkan permasalahan bagi kesehatan. Salah satu solusi yang dapat diterapkan yaitu dengan menerapkan perilaku zero-waste. Terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi praktik pengolahan sampah yaitu faktor predisposisi, faktor pemungkin, dan faktor penguat. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan praktik pengelolaan sampah berbasis zero-waste pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Penelitian ini merupakan penelitan observasional analitik dengan desain cross sectional dan jumlah sampel sebanyak 94 responden. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa sebesar 56,4% responden memiliki praktik yang sudah baik, 66% responden memiliki pengetahuan yang baik, 57,4% responden memiliki sikap positif, 66% responden memiliki sarana prasarana pendukung yang baik, dan 53,2% responden memiliki dukungan sosial yang baik. Nilai p-value dari keempat variabel bebas yang diteliti bernilai 0,0001. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan praktik pengelolaan sampah.

Kata Kunci : Pengetahun, sikap, praktik, sarana prasarana, dukungan sosial, zero-waste

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:34
Last Modified: 21 Jun 2023 03:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13705

Actions (login required)

View Item View Item